100 Koperasi di Polman Tidak Aktif – Pare Pos
Sulawesi Barat

100 Koperasi di Polman Tidak Aktif

Ilustrasi

POLMAN, Parepos.co.id — Keberadaan koperasi diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Namun, seiring perkembanganya koperasi sudah jarang yang beroperasi. Hal itu terlihat dari 307 koperasi yang terdaftar Kabupaten Polman hingga saat ini sebanyak  100 koperasi yang tidak beroperasi.

“Dari 307 jumlah koperasi yang tersebar di 16 kecamatan di Polman, ada 100 koperasi yang dinyatakan tidak sehat” Kata Kepala Bidang Penyuluhan dan Pelatihan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Tasdi S.Sos, Selasa 16 Agustus 2016.

Ia mengatakan itu dilihat dari hasil survey dari sisi kelembagaan organisasi yang kepengurusnya sudah tidak aktif lagi. Tasdi menambahkan, salah satu kelemahan mendasar koperasi yang tidak sehat di Polman adalah banyaknya pengelola koperasi yang salah dalam pengembangan manajemen dan laporan keuangan serta tidak mampu melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) sebagai kewajiban dari sebuah koperasi.

“Dalam menentukan koperasi sehat dan tidak sehatnya adalah bagaimana sistem penyajian laporan keuangan atau neracanya yang harus akuntabel dan kredibel,” ungkap Tasdi. (mnr/ham)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!