Dikukuhkan sebagai Ketua BPH Umpar

by

Yasser: Saya Sami’na Waata’na

PAREPARE, Parepos.co.id — Ir Yasser Latief merupakan tokoh muda Muhammadiyah yang diberi amanah menahkodai jabatan penting di Universitas terbesar di wilayah Ajatappareng dan sekitarnya, Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar).

Yasser yang ditemui di kediamannya Jalan Lasiming, Rabu, 17 Agustus kemarin menyampaikan, menjadi anggota, apalagi dipercayakan sebagai Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Umpar merupakan amanah yang berat baginya. Namun karena dirinya sebagai kader Muhammadiyah, tugas itu menjadi amanah yang wajib dilaksanakan sebaik-baiknya.

“Karena ini adalah perintah Pimpinan Pusat, maka sebagai kader saya sami’na waatha’na. Saya menganggap ini adalah kehormatan dan tugas mulia. Insya Allah, bersama anggota BPH lainnya, saya akan berusaha untuk bekerja dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Menurutnya, BPH adalah perpanjangan tangan Pimpinan Pusat di daerah, sekaligus memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Tugasnya mewakili Pimpinan Pusat di antaranya, memberi arah dan pertimbangan kepada Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dalam pengelolaan PTM. Bersama pimpinan PTM menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja tahunan. Bersama PTM dan Senat menyusun RIP dan Statuta, serta membuat laporan kepada Pimpinan Pusat.

Selain tanggung jawab, BPH juga diberi tanggung jawab berupa kewenangan, di antaranya, mengangkat dan memberhentikan dosen dan tenaga kependidikan tetap Persyarikatan atas usul Pimpinan PTM. Kemudian, melaksanakan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan PTM, dan melakukan pembinaan dan pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di PTM.

“Saya juga berharap kepada seluruh civitas akademika Umpar untuk bisa bersinergi. Hilangkan sekat-sekat dan menunjukkan kecintaan kepada persyarikatan dengan bekerja lurus. Karena Umpar adalah tanggung jawab bersama, yang menunjukkan eksistensi persyarikatan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutup Ketua Umum Forum Pengembang Ajatappareng (FPA) ini. (ham/din)