Habibie Tancapkan ITH, Wujudkan Mimpi Itu! – Pare Pos
Metro Pare

Habibie Tancapkan ITH, Wujudkan Mimpi Itu!

Dok

PAREPARE, Parepos.co.id — Selamat Datang di Kota Mercusuar Pendidikan. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, kalimat itu, akan menyambut tamu di batas kota. Jika mimpi itu, terwujud masyarakat Kota Parepare akan menikmati kemajuan teknologi. Putra terbaik bangsa, kelahiran Parepare, BJ Habibie telah menancapkan teknologi itu, di bawah payung Institut Teknologi Habibie (ITH).

Mimpi dan obsesi Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, bukan tidak mungkin akan terwujud. Kota Parepare, sebagai Kota Mercusuar Pendidikan, perlahan, tapi pasti mulai terlihat. Di Seluruh jenjang pendidikan mulai dibenahi. Hasilnya, sejumlah prestasi baik nasional pun bisa diraih sekolah dan anak didik.

Salah satunya SMA Negeri 5 Unggulan Parepare, peraih predikat Sekolah Berintegritas nomor satu di Sulawesi Selatan (Sulsel). Selain itu, SMP Negeri 4 Parepare, ditunjuk sebagai sekolah percontohan Padamacca, yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Bukan hanya itu, SD Negeri 28 dan SMP Negeri 2 Parepare, mengharumkan nama Kota Parepare di kancah nasional di bidang lingkungan hidup. Kedua sekolah itu, meraih Piala Adiwiyata Mandiri.

“Secara umum sekolah dan perguruan tinggi di Parepare telah memenuhi standar nasional pendidikan. Sebagian besar sekolah di Parepare terakreditasi dari Badan Akreditasi. Umumnya mendapatkan nilai B,” kata Ketua Dewan Pendidikan Parepare, M Nasir, Jumat 12 Agustus.

Menjadikan Parepare, sebagai Kota Mercusuar Pendidikan, kata dia, masyarakat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare harus duduk bersama. Sumbangan pemikiran dan solusi dibutuhkan pemerintah, termasuk mewujudkan ITH.

M Nasir menyarankan, agar pemerintah segera membenahi delapan standar pendidikan yakni standar kompetensi lulusan, isi, proses, pendidikan dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan pendidikan, dan penilaian pendidikan.

Sejumlah sekolah masih menunggu bantuan pemerintah di bidang sarana dan prasarana sekolah. Jika delapan standar pendidikan sudah dipenuhi, maka kualitas pendidikan bisa ditingkatkan.

“Menurut saya, sarana dan prasarana sekolah di Parepare harus lebih diperhatikan. Jika itu telah dilakukan perbaikan, proses belajar mengajar akan terasa lebih nyaman,” katanya.

Belum lagi, mimpi besar Parepare, membangun Institut Teknologi Habibie (ITH) di Parepare. Gagasan ini, menjadi daya tarik terbesar bagi masyarakat dari seluruh pelosok negeri. Bahkan kehadiran ITH di Parepare, menjadi magnet bagi pelajar di seluruh dunia.

Mewujudkan gagasan itu, mesti didukung masyarakat. Kampus ITH yang dipersiapkan menerima mahasiswa baru tahun ini, belum terealisasi dengan baik. Menteri Risat dan Dikti Muhammad Nasir, saat berkunjung ke Kota Parepare, berjanji menjadi prioritas pengurusan izin operasional ITH, beberapa waktu lalu. Sebelumnya, 28 Agustus 2014, Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie, datang ke Parepare dan meninjau kesiapan pembangunan ITH. Ia berharap, ITH segera terealisasi.

Nasir menyarankan agar mengevaluasi kinerja tim pembangunan ITH. Selain itu, ia meminta, anggota tim yang memiliki kapasitas, percepat pembangunan ITH. Indonesia dan dunia menanti kelahiran ITH.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare, H Anwar Saad, mengatakan, mencapai Parepare sebagai Kota Mercusuar Pendidikan, mutu pendidikan harus dibenahi agar semakin banya sekolah yang berintegritas tinggi.

“Anak didik harus diajarkan kejujuran secara dini agar mampu melahirkan generasi berkarakter,” katanya.
Pemerhati ekonomi, Yadi Arodhiskara, mengatakan, hadirnya sejumlah perguruan tinggi sekelas ITH akan membantu perekonomian warga. Kehadiran ITH memberikan peluang bagi warag membuka usaha di sekitar kampus.

Seorang warga Parepare bernama, Ratna Rahim, berharap, ITH segera dibangun ITH dan menerima mahasiswa baru. ITH menjadi magnet masyarakat di luar daerah. Selain itu, minat peserta didik melanjutkan pendidikan di ITH sangat tinggi.

“Kami ingin anak kami kuliah di sana (ITH). Mudah-mudahan dapat terealisasi. Sebagai warga Parepare, kita malu kalau tidak terealisasi. Kami berharap, pemerintah segera menghadirkan ITH di Parepare,” harapnya. (ham/ril)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!