JCH Parepare Menuju Mekkah

by

Gunakan Bus, Ditempuh Sekitar 6-7 Jam

MADINAH, Parepos.co.id — Jamaah Calon Haji (JCH) asal Parepare bersama rombongan CJH lainnya yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 5 Embarkasi Hasanuddin Makassar menuju Mekkah. Rombongan meninggalkan Madinah sekitar pukul 11.25 WAS atau sekitar pukul 16.25 Wita, Selasa, 23 Agustus.

Keberangkatan JCH Parepare bersama rombongan kloter 5 dilaporkan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) Kota Parepare, Muh Amin Iskandar melalui pesat WhatsApp (WA) yang diterima Redaksi PARE POS, kemarin.

Perjalanan rombongan Kloter 5 dari Madinah menuju Mekkah menggunakan bus bisa ditempuh dalam waktu sekitar 6-7 jam dengan jarak tempuh 498 KM.
Para JCH pun menikmati perjalanan tersebut menggunakan bus ber AC. Sehari sebelum berangkat menuju Mekkah, para rombongan JCH Kloter 5, para TPHI dan TPIHI memberikan bimbingan kepada JCH tentang persiapan dan kegiatan yang perlu dilakukan sebelum menuju Mekkah, termasuk penyelenggaraan ibadah.

“Pengarahan juga meliputi pemantapan Karom dan Karu serta imbauan ketertiban JCH baik ketika di atas bus dalam perjalanan ke Mekkah, maupun saat di hotel di Mekkah,” ujar Amin Iskandar.

JCH Parepare juga begitu disiplin dalam memanfaatkan bus shalawat (bus jemputan salat lima waktu). Bimbingan dilaksanakan di halaman Masjid Nabawi.  Kondisi para JCH asal Parepare dalam keadaan sehat, walaupun ada di antara jamaah sebelum ke Mekkah melakukan pengecekan kesehatan pada tim kesehatan kloter. Ada diantaranya batuk ringan, sakit kepala, nyeri pinggang dan mules, tapi semuanya bisa di atasi. “Suhu pada siang hari bisa mencapai 45-47 derajat celcius,” katanya.

Selama di Madinah, para JCH kloter 5 juga tidak kesulitan makanan untuk dikonsumsi. “Sekitar pemondokan banyak menu Indonesia, termasuk nasi kuning yang dijual,” tandasnya. (sar/ril)