Jumlah Pemilih di Mamuju Utara Meningkat

by

MATRA,Parepos.co.id– Terdapat sekitar 50 ribu jiwa tambahan jumlah pemilih di Kabupaten Mamuju Utara (Matra), dalam Pilgub Sulbar 2017. Angka itu berdasarkan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) milik KPU Matra. Ketua KPU Matra Ishak Ibrahim mengatakan, penambahan jumlah pemilih yang cukup signifikan terjadi karena adanya beberapa desa yang jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)-nya bertambah, seperti di Desa Pedanda, Kecamatan Pedongga. Dimana pada Pilkada lalu jumlah DPT hanya berjumlah 822 pemilih. Namun, dalam DP4 terbaru mengalami penambahan signifikan hingga mencapai 7.144 pemilih.
Olehnya itu, lanjut Ibrahim, awal September nanti pihaknya akan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) ulang untuk menyesuaikan data DP4 yang diberikan Kemendagri dengan kondisi ril di lapangan. “Penambahan signifikan dimungkinkan karena DP4 yang diserahkan pemerintah daerah ke pusat, bukan per tanggal 10 Desember 2015, bisa jadi ini DP4 tahun 2014 atau 2013.
DP4 yang sekarang, ada sejumlah nama yang sudah terhapus karena meninggal, tapi sekarang muncul lagi,”jelasnya.
Apabila dalam pelaksanaan nantinya, ada warga Matra yang tidak masuk DPT. Masih dapat menggunakan suaranya pada Pilgub 2017, dengan syarat warga terkait harus membawa KTP asli saat hendak memilih pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang dikehendaki. “Warga harus membawa KTP asli ke TPS yang sesuai dengan alamat pada identitasnya jika tak terdaftar di DPT. Itu diperbolehkan selama TPS yang dituju sesuai dengan alamat sang pemilik KTP,” timpalnya.
Terpisah, Ketua Panwaslu Matra Nasrul Natsir mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pengawasan secara cermat terhadap coklit ulang yang akan dilakukan KPU Matra. Tujuannya, untuk menjamin data DPT yang dihasilkan benar-benar telah sesuai dengan kondisi di lapangan. “Pasti kami akan mendampingi Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) saat melakukan coklit karena sifatnya pengawasan yang melekat,‚ÄĚterang Narul.(bur/ade)