Kantor Bupati Mamuju Utara Nyaris Terbakar – Pare Pos
Sulawesi Barat

Kantor Bupati Mamuju Utara Nyaris Terbakar

MATRA, Parepos.co.id–Kantor Bupati Mamuju Utara nyaris terbakar. Itu setelah kabel travo lampu untuk jaringan ke ruangan Sekkab mengalami korslet. Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) sempat mencium bau jaringan terbakar, sehingga mereka mencari sumber kebakaran.
Pegawai menduga korslet terjadi akibat tetesan air dari WC lantai dua bocor, lalu menetes hingga mengenai aliran listrik.
Pihak PLN Pasangkayu Zainuddin mengatakan, kejadian ini akibat travo yang korslet. Apalagi travonya memakai gulungan. “Sehingga setelah panas langsung korslet. Saya ke tempat kejadian tentu hanya sebatas memeriksa, karena pemasangan jaringan strum
sudah dipihakketigakan,” kata Zainuddin.
Asisten I Pemkab Matra H Makmur mengatakan, sebelum lampu korslet didahului pemadaman lampu sebanyak empat kali. “Saya keluar jalan-jalan ternyata ada tercium bau terbakar. Yang terbakar kabel korslet dan itu tercium, sehingga teknisi dan pegawai lain memeriksa apa yang terbakar,” kata H Makmur.
Jaringan listrik yang korslet ini harus ditangani teknisi. Faktor usia kabel juga menjadi pertimbangan, sehingga kemungkinan  terjadi korslet. “Untuk tidak terulang kejadian seperti ini sebelumnya sudah terpikir agar dapat dianggarkan biaya perawatan kabel. Dalam perawatan kantor bupati ini kami pemerintah sudah menganggarkan dana perawatan,” ungkapnya.
Bupati Matra Ir H Agus Ambo Djiwa MP meminta agar pihak PLN segera memeriksa aliran kabel yang diduga terbakar.
“Biar lampu tidak menyala satu hari, yang penting aman dari korslet,” tegas bupati. Teknisi jaringan listrik Kantor Bupati Matra Fadli ST mengatakan, korslet ini diakibatkan travo lampu panas dan itu menimbulkan tegangan panas sehingga sempat ada percikan api keluar. “Tapi kejadian sudah ditangani secara baik sehingga lampu bisa menyala lagi,” kata Fadli. Korslet kabel aliran listrik membuat kantor bupati nyaris terbakar. Sekkab Drs HM Natsir mengatakan, kejadian ini diperkirakan akibat kabel travo lampu yang korslet dan tentu faktor usia kantor,sehingga terjadi seperti ini. “Olehnya itu secepatnya harus ada perawatan dan saat ini sudah dilakukan perbaikan,” ungkap Natsir.(bur/ade)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!