Kontingan Jamnas Soppeng Diminta Jaga Nama Daerah – Pare Pos
Pro Daerah

Kontingan Jamnas Soppeng Diminta Jaga Nama Daerah

 

 

SOPPENG, PARE POS–Kontingan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan  Pramuka Kabupaten Soppeng yang akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) X 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Timur tanggal 12–21 Agustus, diminta untuk menampilkan ciri khas Soppeng.
Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak mengngkapkan hal tersebut saat melepas peserta Jamnas penggalang pramuka Soppeng yang berjumlah 75 orang di Baruga Rujab Bupati, Sabtu lalu. Pelepasan ditandai penyerahan bendera kontingen kepada Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Soppeng Ridwan.
Bupati H Andi Kaswadi Razak mengharapkan peserta Jamnas Soppeng berangkat dengan Motto Yassisoppengi dan menjaga nama baik daerah, serta tampil memperlihatkan ciri khas Soppeng. Menurutnya, ciri khas Soppeng itu selalu tampil dimana-mana dengan kehebatan dan kepintaran.
“Olehnya itu, saya minta anak-anakku peserta Jamnas berangkat dengan Yassisoppengi (kebersamaan dan kekompakan) yang harus selalu dikedepankan, dan tampil memperlihatkan ciri khas orang Soppeng,” kata Andi Kaswadi.
Selain itu, Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Soppeng ini juga minta peserta Jamnas tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan pemerintah. Apalagi, kata dia, kontingen Jamnas Kwarcab Gerakan Pramukan Soppeng yang beranggotakan 75 orang tentunya merupakan hasil seleksi.
“Jadi jangan sia-siakan kepercayaan dan perhatian Pemkab Soppeng. Karena sekecil apapun bantuan dana APBD yang diberikan untuk digunakan, itu merupakan dana masyarakat Soppeng yang juga harus dipertanggngjawabkan di akhirat kelak,” ujarnya.
Kaswadi menegaskan, jika sampai ada oknum pembina Pramuka yang meminta bayaran atau pungutan pada peserta Jamnas segera laporkan. “Pasti akan saya pecat dia kalau seorang pegawai negeri,” kata Andi Kaswadi.
Namun demikian, Bupati yang akrab disapa Andi Dulli, juga meminta anggota Pramuka khususnya peserta Jamnas untuk menghargai pembina sebagai pembimbing sekaligus orang tua.
“Sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik yang tentunya apa yang menjadi harapan dan tujuan kita mengikuti Jamnas X di Jatim, Insya Allah pasti akan terwujud,” pungkasnya.
Sementara Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Soppeng Ridwan menambahkan, Jamnas X 2016 akan berlangsung dari tanggal 12-21 Agustus. Namun katanya, dengan pertimbangan sarana transportasi laut yang digunakan, maka kontingan Soppeng baru akan diberangkatkan 9 Agustus melalui pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar menuju Jakarta.
Menurut Ridwan, biaya yang digunakan kontingan Jamnas Soppeng sebanyak 75 orang untuk pertama kalinya bersumber dari bantuan Pemkab Soppeng. “Barusan tahun ini biaya kontingen Jamnas sepenuhnya ditanggung Pemkab Soppeng. Untuk itu, kepada bapak Bupati yang juga Ketua Mabicab Pramuka Soppeng, saya ucapkan terima kasih bayak,” ujar Ridwan. (wis/ade)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!