NasDem Kekuatan Baru di Ajatappareng – Pare Pos
Metro Pare

NasDem Kekuatan Baru di Ajatappareng

Ilustrasi

Bupati-Mantan Bupati Bergabung
Sejumlah Elite Mulai Bergabung

PAREPARE, Parepos.co.id — Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sulsel, yang dipimpin Rusdi Masse (RMS), menjadi magnet baru. Sejumlah tokoh dan kepala daerah bergabung. Selain itu, partai besutan Surya Paloh ini, diprediksi menjadi kekuatan baru di wilayah Ajatappareng. Sejumlah nama beken mulai bergabung seperti mantan Wali Kota Parepare, H Mohammad Zain Katoe (ZK), Wakil Wali Kota Parepare, HA Faisal Andi Sapada (FAS). Kedua tokoh ini, dipastikan akan dilantik bersama RMS, di Hotel Clarion, Jumat, 26 Agustus, besok.

Tokoh lainnya yang diprediksi ikut bergabung di NasDem adalah Wakil Bupati Enrekang, AM Amiruddin, Wali Kota Palopo, Judas Amir, dan Ketua Golkar Gowa, Andi Tenri Olle.
Kepastian bergabungnya tokoh ini di NasDem, selain sebaran baliho ucapan selamat pelantikan DPW NasDem Sulsel juga atas pengakuan Ketua DPD NasDem Parepare, Heri Ahmadi. Saat ini, Heri Ahmadi menjadi anggota DPRD Parepare. Heri mengatakan, sekitar 50 orang rombongan NasDem Parepare akan mengikuti pelantikan RMS sebagai Ketua NasDem Sulsel, di Makassar.

“Setiap daerah wajib membawa 29 orang, terdiri atas 17 orang pengurus harian DPD (Dewan Pimpinan Daerah), 12 orang pengurus DPC terdiri ketua, sekretaris dan bendahara, sisanya organisasi sayap NasDem, seperti Garnita dan Garda akan menghadiri pelantikan tersebut,” ujarnya.

Heri menjelaskan, pelantikan pengurus NasDem Sulsel, sebagai bukti bahwa NasDem memiliki kekuatan besar dan patut diperhitungkan di Sulsel.

“Ini momentum yang baik untuk menjadi pemenang Pemilu ke depan, baik secara nasional, regional maupun lokal,” katanya.

Selain pelantikan pengurus, partai dengan jargon restorasi juga menggelar sekolah kader NasDem. Sekolah ini, kata dia, menjadikan kader NasDem, kader yang berdaya saing dan memiliki kompetensi. Proses ini, kata dia, strategi NasDem unjuk kekuatan. Heri yakin RMS mampu membesarkan NasDem dan menjadi kekuatan baru di Sulsel. Kehadiran RMS mampu menarik tokoh politik di Sulsel seperti ZK dan FAS. Kehadiran dua tokoh itu, kata Heri, membuat partainya semakin percaya diri. Partai NasDem Parepare, meraih 3.776 suara pada Pemilu 2014 dan meraih dua kursi di DPRD Parepare.

“RMS bisa menjadikan NasDem Sulsel sebagai partai yang diperhitungkan dan mampu melipatgandakan perolehan suara NasDem di Sulsel nantinya,” katanya.

Heri berharap, ZK dan FAS, mampu memberikan kontribusi positif bagi NasDem Sulsel, dan Kota Parepare. “Ketokohan Pak ZK masih dirindukan masyarakat Kota Parepare. Ini kekuatan besar untuk bertarung di setiap event politik di Indonesia,” kata Heri.

Pengamat Politik asal Kota Parepare, Arkam Azikin, mengatakan, siapapun pimpinan partai NasDem, harus kerja keras memenangkan pertarungan di Pilkada Serentak 2018 mendatang. Pilkada ini, diikuti 12 kabupaten/kota di Sulsel.

Menurut dosen Universitas Muhamadiyah Makassar ini, siapa saja boleh pindah dan memimpin partai politik, mulai tingkat daerah, provinsi hingga pusat. Tapi, menghadapi Pilkada butuh strategi dan ketokohan yang kuat.

“Saya rasa pergeseran pemimpin partai politik itu sah-sah saja dan biasa-biasa saja. Paling penting bagaimana mereka bekerja sebagai pemimpin partai dan mampu meyakinkan pemilih,” jelasnya.

Dijelaskan Arkam, RMS sudah memiliki 3 barometer yang bisa meyakinkan pemilih yakni mampu menjabat sebagai Ketua DPD II Golkar dua periode, Bupati Sidrap dua priode, dan sukses menjadi seorang pengusaha.

“Tiga barometer menjadi kekuatan seorang Rusdi Masse dalam memimpin NasDem di level provinsi. Tapi, terlepas dari itu, RMS ditunggu kinerja politiknya,” katanya.

Membesarkan NasDem, kata dia, RMS memiliki banyak tantangan yang lebih besar, harus bertarung di level provinsi. Meyakinkan DPP NasDem, kata dia, RMS harus sukses memimpin partai barunya.

“RMS memiliki pengalaman politik yang panjang untuk meyakinkan kepada pimpinan pusat bahwa dirinya mampu memenangkan Pilkada serentak dan mampu menambah kursi di parlemen,” katanya.

Saat ini, NasDem memiliki 7 kursi di DPRD Sulsel dan menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua DPRD Sulsel. “Kita tunggu saja strateginya dan metode politik. Saat ini, kita belum bisa ukur kerja politiknya,” katanya.  Dikatakan Arkam, dinamika politik di tingkat provinsi jelas berbeda dengan dinamika politiknya di level kabupaten/kota. RMS memiliki pekerjaan rumah yang berat, membangun jaringan politiknya.

RMS harus membuat persiapan matang memenangkan Pilpres pada Pemilu 2019. “Semua partai akan berlomba perbanyak kursi di DPRD dan memenangkan Pilpres,” katanya.
Hasil Pemilu 2014 lalu, menempatkan partai bentukan Surya Paloh itu masuk 5 besar, tingkat Provinsi Sulsel. Kala itu, minim kepala daerah yang bergabung. NasDem sukses mendulang suara sebanyak 371.343 di 11 daerah pemilihan.

Sedangkan tingkat nasional, NasDem Sulsel berhasil menyumbang sebanyak 316.421 suara. Rinciannya, dapil Sulsel 1 sebanyak 99.135 suara, Sulsel 2 sebanyak 113.286 suara dan Sulsel 3 sebanyak 104.000 suara. (mon-sar/ril)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!