Pemkab Barru dan Pangkep Akan Berpartisipasi di HUT PARE POS – Pare Pos
Pro Daerah

Pemkab Barru dan Pangkep Akan Berpartisipasi di HUT PARE POS

Andalkan Kepelabuhanan dan Pertanian

BARRU, Parepos.co.id– Hari Ulang Tahun (HUT) Harian PARE POS tahun ini dipastikan akan lebih meriah. Sejumlah daerah sudah menyatakan kesiapan untuk berpartisipasi dalam pameran pembangunan yang akan dilaksanakan, Jumat, 19 Agustus, di Gedung Islamic Centre, seperti Pangkep, Barru, Wajo, Sidrap, Parepare, Pinrang, dan Enrekang.
Wakil Bupati Barru Ir Suardi Saleh saat menerima Direktur Harian PARE POS, H Harun Hamu, Kamis 11 Agustus, menyatakan siap berpartisipasi. Menurutnya, Kabupaten Barru memiliki potensi yang sangat baik di antaranya Pelabuhan Garongkong, pariwisata dan pertanian. “Barru memiliki potensi yang cukup bagus dan harus kita publikasikan,” ungkapnya.
Mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Pinrang ini, mengatakan, memajukan daerah, perlu investor mauk untuk berinvestasi. Pemkab memberikan jaminan kepastian.
Pengembangan Pelabuhan Garongkong mendapat dukungan dari pemerintah, menunjukkan adanya sinergi peran pemerintah yang sangat besar dalam pengembangan dan pengelolaan pelabuhan.
Pelabuhan Garongkong, kata dia, sudah memenuhi standar sebagai pelabuhan internasional yang diisyaratkan memiliki kedalaman miniman 9 M Lws. Garongkong memiliki kedalaman 15 meter.
Kawasan Garongkong terletak dekat dengan pusat Kota Barru. Lokasi ini, ideal menjadi pintu masuk barang-barang konsumsi bagi masyarakat dan pintu keluar barang-barang hasil industri skala kecil, seperti perkakas rumah tangga.
Potensi daerah hinterland yang luas dan cukup potensial. Hal ini memberikan daya dorong yang kuat bagi terwujudnya Hub Port Internasional dan juga menjadi salah satu penyangga kawasan hinterland di Sulsel.
Areal laut yang terlindungi dari laut lepas dengan adanya Pulau Panikiang sebagai pelindung alami dan kondisi air laut yang tenang dengan kedalaman 15 m.  Areal darat di sekitar kawasan Garongkong yang masih kosong sehingga penataan ruang kawasannya akan lebih mudah untuk jangka pendek.
Kawasan Garongkong terletak pada jalan Trans Sulawesi dan merupakan daerah lintas yang terletak antara Kota Makassar dan Kota Pare-Pare. Kondisi wilayah Kabupaten Barru merupakan lintas daerah yang dilewati jalur jalan negara sebagai jalur ekonomi yang menghubungkan beberapa kabupaten di Provinsi Sulsel.
Direktur Harian PARE POS, HM Harun Hamu, mengatakan, mendukung Pemkab Barru, mengembangkan sektor kepelabuhanan khususnya kawasan Pelabuhan Garongkong. “Kita mendorong daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,”ungkapnya.
Pemkab Pangkep juga akan turut serta dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Harian PARE POS  yang ke-16 tahun melalui  pameran pembangunan. Plt Sekda Kabupaten Pangkep, Drs Effendy Kasmin, Kamis, 11 Agustus, menuturkan, pameran daerah sebagai suatu wadah mempublikasikan dan mempromosikan potensi daerahnya seperti wisata, budaya dan pertanian. “Insya Allah, Pangkep ikut menyemarakkan HUT PARE POS dengan mengikuti pameran pembangunan. Kita akan promosikan potensi pertanian dan wisata,” ujar Effendy Kasmin. (mad-awi/ade)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!