Penghuni Dibekali Program IT

by

Pasar Cerdas Jompie

PAREPARE, Parepos.co.id — Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan bakal menghadirkan konsep pasar cerdas di Pasar Tradisional Modern yang terletak di Jompie, Kecamatan Soreang, Kota Parepare. Sedikitnya 50-an warga telah terdata sebagai penghuni los di pasar tersebut dibekali pengetahuan terkait Informasi Tekhnologi (IT) sebagai keterampilan memasarkan produk memanfaatkan jaringan internet, selain memasarkan di pasar Jompie tersebut.

Pelatihan oleh Disprindag Provinsi Sulsel bekerja sama dengan pihak Telkom bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pemilik los pasar tradisional JompieĀ  bagaimana bertransaksi dengan menggunakan aplikasi yang telah dibuat sebelumnya sehingga memudahkan untuk proses transaksi jual beli dimanapun dan kapanpun.

“Karena ini adalah pasar tradisional cerdas Jompie dengan menggunakan aplikasi, jadi kita bekali mereka dengan perkenalan IT supaya memudahkan mereka bertransaksi dengan menggunakan smartphone, di kawasan pasar itu juga kita siapkan Wifi Corner,” ujar Kepala Balai Pelayanan Logistik Dinas Perdagangan Sulsel, Azikin, belum lama ini.

Dari data Dinas Perdagangan Sulsel menyebutkan sekira 70 persen los telah memiliki terisi. Dari 59 yang terdata masing-masing terbagi, sebanyak 35 pedagang lokal Parepare, Pinrang, dan Sidrap. Ditambah delapan distributor, dan lainnya diisi oleh komunitas pemuda.

Tujuan pasar ini difungsikan untuk memperlancar distribusi barang pokok dan hasil bumi secara grosir. Rencananya resmi dioperasikan pada Agustus ini, dan akan diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.

Sekedar diketahui, pasar tersebut dibangunĀ  sejak 2012 oleh Kementerian Perdagangan di atas tanah milik pemerintah Provinsi Sulsel dan selesai 2013 silam, dengan luas bangunan kurang lebih 1.100 meter persegi. Saat ini bangunannya masih dalam proses hibah dari Kementerian Perdagangan ke Pemprov Sulsel. (din)