Restorasi di Tangan Petarung – Pare Pos
Nasional

Restorasi di Tangan Petarung

H Rusdi Masse

SIDRAP, Parepos.co.id — H Rusdi Masse resmi dilantik menjadi Ketua DPW Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sulsel, Jumat, 26 Agustus hari ini. Melejitnya mantan Ketua DPD II Partai Golkar Sidrap itu, menahkodai NasDem Sulsel dinilai akan banyak mempengaruhi konstelasi politik khususnya di Sulsel. Itu sudah tampak dengan bergabungnya sejumlah mantan kepala daerah, kepala daerah aktif, wakil bupati, dan sejumlah tokoh berpengaruh Sulsel di NasDem.

Di antaranya yang bergabung Bupati Bulukumba AM Syukri Sappewali, Wali Kota Palopo HM Judas Amir, lalu mantan Wali Kota Parepare HM Zain Katoe, mantan Bupati Luwu Basmin Mattayang. Di deretan wakil bupati dan wakil wali kota, terdapat nama Wakil Wali Kota Parepare HA Faisal A Sapada, Wakil Bupati Enrekang HM Amiruddin, Wakil Bupati Luwu Utara Muhammad Thahar Rum, Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam.

Sementara tokoh berpengaruh Sulsel yang bergabung di antaranya Hj Tenri Olle Yasin Limpo, Ketua Golkar Gowa yang notabene kakak Ketua Golkar Sulsel H Syahrul Yasin Limpo, dan sejumlah figur lainnya. Sekretaris Partai NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif mengatakan, jumlah pengurus periode lalu dan yang akan dilantik tetap sama jumlahnya mencapai 181 orang. Dengan perincian pengurus DPW NasDem Sulsel 74 orang dan pengurus 24 DPD Kabupaten dan Kota ditambah dengan sayap partai 107 orang.

Menarik, karena yang bergabung ini sebagian besar adalah eks elite Golkar dan parpol besar lainnya hingga eks PNS, yang diprediksi akan banyak membuat perubahan konstelasi politik di Sulsel. Hal itu, sejalan dengan semboyan partai yang didirikan Surya Paloh ini yakni Gerakan Perubahan atau restorasi. Nah, seperti apa restorasi yang bakal dilakukan Rusdi Masse, Bupati Sidrap dua periode itu.

“Sesuai dengan semboyan Gerakan Perubahan, kita bekerja untuk rakyat, yang baik ditingkatkan, yang buruk ditinggalkan,” kata Rusdi Masse di Makassar, kemarin.

RMS, sapaan Rusdi Masse, berharap dengan kebersamaan, Nasdem bisa menjadi partai besar di Indonesia, khususnya di Sulsel. Saat ditanya apakah ada persiapan khusus jelang pelantikan di Hotel Grand Clarion Makassar, hari ini, RMS menjawab tidak ada persiapan khusus.

“Tidak ada persiapan khusus, saya yakin panitia sudah menyiapkan dengan baik,” ujar RMS.

Dia mengaku bangga ditawari menjadi Ketua DPW Partai Nasdem Sulsel. Dia yakin dengan kerja sama semua kader NasDem, maka Gerakan Perubahan yang selama ini menjadi semboyan partai akan terwujud.  RMS dikabarkan mengincar kursi calon gubernur atau wakil gubernur Sulsel, dan salah satu pintunya adalah lewat NasDem yang menguasai tujuh kursi di DPRD Sulsel. Namun obsesi terbesar RMS adalah membawa NasDem sebagai partai terdepan dan teratas di Sulsel pada Pemilu 2019 mendatang. Pengamat politik dan pemerintahan Prof Dr Armin Arsyad, meyakini NasDem bakal lebih besar di tangan Rusdi Masse.

Guru besar Universitas Hasanuddin (Unhas) ini menilai, salah satu tanda kebesaran NasDem di Sulsel adalah hijrahnya beberapa kepala daerah ke NasDem.  Misalnya, Rusdi Masse yang saat ini masih menjabat Bupati Sidrap, Wali Kota Palopo Judas Amir, Bupati Bulukumba Andi Syukri Sappewali, beberapa kepala daerah, dan mantan kepala daerah lainnya.

“Ini sebuah tanda-tanda bahwa Partai NasDem akan besar di Sulsel,” katanya dalam sebuah kesempatan.

Partai NasDem, lanjut Prof Armin Arsyad, ke depan tentu tidak akan menyia-nyiakan perpindahan sejumlah kepala daerah dari parpol tertentu ke NasDem. Partai Golkar, ingat dia, harus berhati-hati dengan kehadiran Partai NasDem di bawah kendali Rusdi Masse. Yang pindah ke Partai NasDem itu, menurut dia, adalah figur yang mampu membaca tanda-tanda Zaman.

“Ini tanda zaman, yang pindah tentu ada reasoning-nya atau alasannya kenapa mau pindah ke NasDem,” tandas Armin. Dari berbagai informasi dihimpun PARE POS menyebutkan, RMS adalah salah satu politisi yang diperhitungkan di Sulsel.

Sikap pantang menyerah baik di dunia politik maupun dunia bisnis, membuat RMS dikenal sebagai seorang petarung. Kiprah politiknya dimulai saat dia terpilih menjadi anggota DPRD Sidrap pada 2004 silam, dan menjadi Sekretaris Wilayah Partai Bintang Reformasi (PBR) Sulsel pada 2005–2010. Namanya kian diperhitungkan, ketika maju menjadi calon bupati Sidrap periode 2008-2013, yang di luar dugaan bisa menang.
Saat itu RMS berpasangan dengan H Dollah Mando (Ridho) mengungguli duet HA Walahuddin Habib-HA Insan P Tanri (Walani) yang kala itu didukung Golkar dan disokong oleh Bupati HA Ranggong.

Kegemilangan memenangkan Pilkada Sidrap pada periode pertama, kembali terulang pada periode kedua, 2013-2018. Bahkan Rusdi Masse yang kembali berpasangan dengan Dollah Mando (Ridho jilid II) menang telak mencapai 57,93 persen jauh mengungguli enam kompetitornya. (ira-ilo-her-mad/ril)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!