SYL: Hargai Senior di Musda Golkar

by

WAJO,Parepos.co.id– Sebanyak 21 Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) II Partai Golongan Karya (Golkar) berkumpul di Hotel Sermani, Kota Sengkang, Rabu, 10 Agustus malam, lalu. Konsolidasi internal dengan ketua DPD II itu berlangsung secara tertutup. Dari informasi yang dihimpun PARE POS, ada tiga perwakilan DPD II tak hadir dalam pertemuan itu di antaranya, DPD II Golkar Makassar, Bulukumba, dan Toraja Utara. “Iya, ada tiga perwakilan DPD II yang tidak hadir. Ketiganya mungkin masih dalam perjalanan,” kata Sekretaris DPD II Golkar Wajo H Norman Dai Basri yang ditemui usai pertemuan.
Ada pemandangan menarik usai kegiatan konsolidasi itu, nampak wajah Ketua DPD I Golkar Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) nampak muram dan sedih, itu terlihat dari raut wajahnya. Bahkan sejumlah kader pohon beringin yang ikut pertemuan, juga menampakkan wajah kesedihan, bahkan ada yang masih berlinang air mata. Beberapa ketua DPD II Golkar yang coba dimintai keterangannya, enggan berkomentar banyak. “Kami tidak bisa berikan komentar, karena kami hanya peserta rapat saja, silakan langsung sama komandan,” kata Ketua DPD II Golkar Wajo Drs HA Burhanuddin Unru.
Senada juga diungkapkan Ketua DPD II Golkar Pangkajene dan Kepulauan H Syamsuddin A Hamid serta Takalar Natsir Ibrahim Dg Nojeng. ” Maaf, silakan tanyakan ke pak SYL saja,” singkatnya. Ketua DPD I Golkar Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang dimintai keterangannya mengungkapkan, kesedihan itu hal manusiawi. “Saya kira manusiawi, ya terharu itu dah biasa kita sama-sama mengenang dinamika-dinamika yang ada, sempat juga menyinggung persoalan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar,” timpalnya.
Saat disinggung terkait pertarungan Musda DPD I Partai Golkar Sulsel, Gubernur dua periode itu menegaskan, secara demokratis semua kader bisa bertarung. Hanya saja kita harus punya etika dan saling menghormati baik itu pak Roem, Ichsan begitu juga pak Agus. “Semua orang bisa bertarung, namun sebagai keturunan Bugis-Makassar, kita hormati yang lebih tua, hargai senior,” tegasnya.
SYL kembali menegaskan, kita sudah berjanji bersama-sama agar Musda kali ini akan menghasilkan yang terbaik. “Tetap berkompetisi sehat dan intinya semua bisa maju untuk berkompetisi,” ungkapnya. Ditambahkannya, ke depannya kita masih akan melakukan pertemuan satu kali lagi. Apalagi saya belum menyatakan apakah akan maju atau tidak dalam Musda Golkar mendatang. Dalam pertemuan itu, tak terlihat sejumlah nama yang digadang-gadang bakal maju dalam perebutan kursi ketua DPD I Golkar Sulsel seperti Muh Roem, Ichsan Yasin Limpo dan juga Agus Arifin Nu’mang.(ile/ade)