Taufan Periksa Pompa PDAM – Pare Pos
Metro Pare

Taufan Periksa Pompa PDAM

Salman Razak/Parepos.co.id -- Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, saat meninjau pompa intake IPA Salo Karajae, Senin, 15 Agustus.

PAREPARE, Parepos.co.id —  Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe didampingi Direktur PDAM Lukman Hakim, memantau ketersediaan air baku di Salo Karajae, Senin, 15 Agustus. Taufan ingin memastikan ketersediaan air bersih selama kemarau panjang.

Taufan Pawe memerintahkan kepada Direktur PDAM, memaksimalkan fungsi sumor bor dalam dan fungsi reservoir untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Parepare. Sumur bor dalam dan reservoir bisa membantu saat debit air di Salo Karajae menyusut.

Pemanfaatan sumur bor dalam dengan sistem geolistrik, kata Taufan, sebagai solusi untuk mengatasi krisis air bersih yang terjadi di Kota Parepare.

“Kita akan benahi seluruh sistem melalui sistem sumur bor dalam, reservoir dan segala pendukungnya. Banyaknya keluhan dari warga terkait pelayanan air bersih,” katanya.

Selain itu, Taufan, tidak mau menyalahkan alam. Meski kondisi stok air permukaan sudah mulai menyusut dan kondisi peralatan di PDAM juga sangat memprihatinkan.

“Saya mengkaji dari persoalan hulu ke hilir ternyata beberapa hari yang lalu, kurangnya pasokan air bersih disebabkan kondisi mesin yang sudah tidak normal lagi. Mesin sudah berumur puluhan tahun,” ujar Taufan.

Menurut Taufan, pemanfaatan sumor bor dalam dan reservoir sebagai solusi mengantisipasi kekurangan air baku. Tahun 2017, Taufan mengaku, optimis mampu menyelesaikan permasalahan air bersih di Kota Parepare.

“Saya tetap optimis kebutuhan air bersih bisa dipenuhi pada tahun 2017. Dukungan dari seluruh pihak termasuk manajemen PDAM nanti akan terpenuhi. Saya butuh pengertian dan kesabaran dari masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan air besih di Kota Parepare,” katanya.

Sebelumnya, Minggu, 14 Agustus, PDAM Kota Parepare berjanji, pasokan air bersih ke pelanggan terjamin. PDAM mengaku butuh waktu sekitar 2-3 hari lagi, pasokan air kembali normal.

Tiga pompa intake IPA Salo Karajae rusak. Akibatnya pelayanan air bersih ke pelanggan terganggu. Ketiga pompa intake itu, hanya mampu produksi air bersih sebanyak 50 liter per detik.

Direktur PDAM Kota Parepare, Lukman Hakim ST, mengatakan, pompa pengganti sudah datang dan sudah dipasang. Hanya saja, kata dia, butuh waktu untuk normalisasi aliran air bersih ke pelanggan.

“Kami butuh dua atau tiga hari untuk normalisasi agar pasokan air bersih bisa normal kembali,” katanya. (sar/ril)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!