Tiga Hari Lagi Pasokan Air Normal

by

Janji PDAM Parepare

PAREPARE, Parepos.co.id — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Parepare berjanji, pasokan air bersih ke pelanggan akan lancar. PDAM mengaku butuh waktu sekitar 2-3 hari lagi, pasokan air kembali normal. Sebelumnya, tiga pompa intake IPA Salo Karajae rusak. Akibatnya pelayanan air bersih ke pelanggan terganggu. Ketiga pompa intake itu, hanya mampu produksi air bersih sebanyak  50 liter per detik.

Kepala Bidang Teknik dan Distribusi PDAM Kota Parepare, Sukarno Banda, mengatakan, satu pompa pengganti berkapasitas 40 liter per detik sudah datang.  Sedangkan dua pompa intake dilakukan perbaikan.

“Saat ini, kita tinggal melakukan pemasangan dan mengkonekkan dengan jaringan pipa. Mudah-mudahan gangguan pasokan air bersih ke pelanggan segera diatasi. Kami butuh waktu beberapa hari, untuk pemasangan dan normalisasi,” katanya.

Direktur PDAM Kota Parepare, Lukman Hakim ST dihubungi terpisah, Minggu, 14 Agustus, mengatakan, pompa pengganti sudah datang dan sudah dipasang. Hanya saja, kata dia, butuh waktu untuk normalisasi aliran air bersih ke pelanggan.

“Kami butuh dua atau tiga hari untuk normalisasi agar pasokan air bersih bisa normal kembali,” katanya.
Dia mengatakan, pompa baru tersebut mampu produksi 40 liter per detik. Sedangkan, dua pompa yang rusak, sudah perbaikan. “Kami hanya butuh waktu beberapa hari, melakukan pemasangan dan normalisasi. “Dalam waktu tidak terlalu lama, pasokan air bersih bisa lancar,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe, meminta PDAM, tetap memberikan layanan terbaik kepada warga. Pelayanan air bersih ke masyarakat tidak boleh terganggu karena pompa intake IPA di Salo Karajae.

Taufan, menegaskan, manajemen PDAM mestinya harus lebih kreatif dalam pengolahan air bersih. Selain itu, ia meminta PDAM memberikan pelayanan yang terbaik ke pelanggan.

Anggota Dewan Pengawas (Dewas) PDAM, Abdul Muin, meminta Direktur dan manajemen intens melakukan komunikasi dengan Dewas, menyikapi segala permasalahan yang terjadi. Masalah klasik seperti air macet, gangguan pipa, pompa dan gangguan pelayanan lainnya seharusnya tidak terjadi lagi, jika dilakukan antisipasi secara dini.

Pompa Rusak

Pasokan air bersih  kembali terganggu karena tiga pompa intake IPA terbakar.  Akibatnya, pelanggan yang bermukim di Kecamatan Soreang, Bacukiki dan, sebagian Bacukiki Barat, tepatnya di Tonrangeng harus bersabar, suplai air bersih di wilayah itu, tersendat. Saat ini, ketiga pompa intake hanya mampu memproduksi air bersih sekitar 50 liter per detik.

Pompa intake yang rusak membuat  produksi air bersih berkurang yakni 50 liter per detik. Kerusakan tiga pompa intake IPA di Salo Karajae, membuat banyak pelanggan tidak bisa menikmati air bersih. PDAM terpaksa melakukan distribusi secara bergilir ke pelanggan. (anj/ril)