15 Bidang Lahan Sudirman Diusulkan Konsinyasi

by

PAREPARE, Parepos.co.id — Pembebasan lahan milik warga di Jalan Sudirman belum sepenuhnya rampung. Bahkan ada 15 bidang tanah yang diusulkan proses konsinyasi di Pengadilan Negeri Parepare. Padahal proyek pelebaran Jalan Sudirman sudah berlangsung dan akan berakhir Desember 2016.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bagian Pemerintahan Kota Parepare, Simson Paiting yang dihubungi kemarin mengatakan, pihaknya terus melakukan pembayaran terhadap lahan warga dibebaskan untuk proyek pelebaran jalan.

Menurutnya, mereka yang belum menerima pembayaran pembebasan lahan karena berkasnya masih dianggap bermasalah. “Sekitar 249 bidang tanah warga yang sudah dibayar dari sebanyak 300 bidang tanah yang akan dibebaskan,” katanya.

Dia menjelaskan, lahan warga yang belum dibayarkan untuk pembebasan lahan tersebut bervariasi masalahnya. Di antaranya, pemilik lahan tersebut berada di luar Parepare dan masih adanya lahan yang berperkara.

“Masih ada sekitar 38 bidang tanah yang belum terbayar karena penyebabnya itu tadi, termasuk ada lima warga yang baru datang melapor, sehingga bisa diselesaikan pekan depan,” katanya.

Dia menyebutkan, sebanyak 15 bidang tanah belum dibebaskan karena ada masalah maka pembayarannya diusulkan melalui konsinyasi di Pengadilan Negeri. “Uang untuk pembayaran lahan tersebut dititip di pengadilan. Nanti setelah ada pemenang baru dilakukan pembayaran,” tandasnya. (anj/sar)