Anggaran Kurang, Dana Non Sertifikasi Dipending – Pare Pos
Pendidikan

Anggaran Kurang, Dana Non Sertifikasi Dipending

Ilustrasi

PAREPARE, Parepos.co.id — Belum cairnya dana non sertifikasi menjadi pertanyaan besar guru-guru penerima dana tersebut. Sejumlah guru menghubungi redaksi PARE POS mengadukan dan pertanyakan belum cairnya dana non sertifikasi tersebut dari pemerintah.

Pengaduan para guru itu merupakan salah satu bentuk kekecewaan atas keterlambatan pemerintah menyalurkan hak para guru tersebut. Menanggapi sejumlah keluhan dari guru tersebut, Kepala sub bagian perbendaharaan Bagian Keuangan Pemkot Parepare Noldy R Rangkuan SE MSi membenarkan belum cairnya dana tersebut.

Belum cairnya dana tersebut, lanjut Noldy bukan tanpa alasan, menurutnya penyebab belum cairnya dana non sertifikasi karena dana belum mencukupi, masih butuh tambahan dari pusat. “Dana non sertifikasi masih kurang, masih membutuhkan tambahan,” katanya dihubungi belum lama ini.

Kepala Bagian Keuangan Pemkot Parepare Jamaluddin Achmad SE mengaku telah membubuhkan tandatangan terkait pencairan dana non sertifikasi itu. Alasan sama soal keterlambatan dana tersebut karena kas daerah yang ada belum mencukupi saat itu, masih terdapat kekurangan sekira Rp90 juta.

“Saya sudah tanda tangani, keterlambatan proses karena dana non sertifikasi yang siap di Kasda tidak cukup untuk membayar permintaan, ada selisih kekurangan sebesar Rp90 jutaan, jadi kami pending dulu sambil menunggu dana masuk dari pusat, setalah anggarannya cukup maka proses pencairan dilakukan.

Perlu kami sampaikan bahwa dana sertifikasi dan non sertifikasi setiap tahun diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan BPKP dan Irjend Kemendikbud, jadi sangat berhati-hati dalam proses pencairannya. “Jadi bukan waktunya yang lama tapi hanya karena ketersediaan anggaran dari pusat, kalau anggarannya ada, tidak ada alasan kami Pemkot untuk tidak mencairkan,” bebernya. (anj/din)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!