Dana BOS Ditentukan Provinsi – Pare Pos
Pendidikan

Dana BOS Ditentukan Provinsi

Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare, H Anwar Saad SH MH.

PAREPARE, Parepos.co.id — Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hingga saat ini belum juga cair, sejumlah sekolah di Parepare keluhkan keterlambatan dana sekolah dari pusat itu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare H Anwar Saad SH MH mengatakan keterlambatan pencairan dana BOS itu diluar kewenangannya, pasalnya, dana dari pusat itu ditentukan oleh provinsi.

Menurutnya, setelah dana tersebut cair dari pusat. Selanjutnya, dinas pendidikan provinsi membuat SK dan menyalurkan BOS sesuai dengan juknis yang ditetapkan.

“Setelah dana dari pusat, pihak kami di Dinas Pendidikan Kota Parepare tidak mengetahuinya penyaluran pastinya, yang menentukan dana BOS cair tidaknya adalah provinsi,” katanya.

Pencairan dana BOS, lanjutnya, boleh dikata tidak ada hubungannya dengan Dinas Pendidikan Parepare, sebab dari provinsi langsung ke rekening sekolah masing-masing. “Kami disini tidak tahu, karena tidak ada hubungannya dengan Dinas Pendidikan, uangnya langsung ke rekening sekolah yang bersangkutan”, katanya.

Berdasarkan aturan Dana BOS dicairkan berdasarkan data pokok pendidikan dasar dan menengah (dapodikdasmen). Cair per triwulan, jadi empat kali dalam setahun, triwulan pertama Januari-Maret, selanjutnya April-Juni, Juli-September, dan Oktober-Desember.

Selain itu, Anwar Saad juga menerangkan sejumlah dana pendidikan yang ia ketahui. Dana profesi misalnya, dana sertifikasi dan non sertifikasi guru, ada yang harus saya tanda tangani dan uangnya parkir di Kas daerah. “Nanti saya sudah tanda tangani baru bisa dicairkan, dana BOS tidak sama dengan dana sertifikasi guru,” katanya. (anj/din)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!