Kaderisasi Dakwah & Penghafal Quran – Pare Pos
Pendidikan

Kaderisasi Dakwah & Penghafal Quran

  • Pondok Pesantren Wisata Quran (PWQ), Dari Panti Asuhan jadi Ponpes

Sederhana dan bersahaja, hal ini terkesan pada pondok Pesantren Wisata Quran (PWQ) Palampang, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep.

Pesantren yang membina 135 santri ini dulunya adalah yayasan Panti Asuhan Mujahidin yang kemudian mendirikan madrasah pada tahun 1995 dan akhirnya bertransformasi menjadi Pondok Pesantren (Ponpes) Wisata Quran (PWQ) pada tahun 2015.

Direktur PWQ Naswarul Haq melalui Wakil Direktur Muhammad Takdir menjelaskan, hadirnya pondok pesantren ini memberi rasa percaya diri anak-anak panti, itu karena mereka tidak lagi merasa malu atau minder karena mulai berinteraksi dengan dunia luar pesantren melalui kegiatan ekstrakurikuler dan perlombaan.

“Para santri (anak panti) mulai percaya diri karena mereka mulai aktif pada kegiatan-kegiatan seperti ajang perlombaan 17-an (HUT RI), dan ikuti pentas olahraga atau seni yang diadakan di tingkat kabupaten,” ujarnya.

Pada prinsipnya pesantren ini juga melakukan proses belajar mengajar sama dengan yang pesantren lain pada umumnya, yakni pendidikan Ilmu Syar’i Dasar (aqidah, fiqih, akhlaq) namun program unggulan pesantren lebih ditekankan pada metode penghafalan atau tahfis quran dan tajwid.

“Proses menghafal Alquran tidak seperti penghapalan yang lain, namun menggunakan metode mengulang-ulang (takrir),” katanya saat ditemui PARE POS baru-baru ini.

Selain itu mereka juga mendengarkan bacaan Alquran berulang-ulang melalui speaker yang terpasang pada kamar masing-masing santri yang diset dari mp3. Sehingga dengan begitu mereka akan mudah menghafal melalui pendengaran, sama seperti kalau mendengarkan lagu, paparnya. (wal/din)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!