Koleksi Ratusan Piala Tilawah

by

Pondok Pesantren Al-Mustaqim Parepare

PAREPARE, Parepos.co.id —  Tak begitu familiar, namun Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Mustaqim Kota Parepare ternyata memiliki begitu banyak prestasi. Menurut Pimpinan Pondok Abdullah Hamzah SAg MPdI khusus tilawatil Quran, Ponpes ini telah mengoleksi hingga ratusan piala Tilawah.

“Untuk membentuk vokal tilawah yang bagus, proposional, kita ada pembina khususnya. Kita sudah memiliki sebanyak 338 piala untuk tilawah,” ujarnya kepada PARE POS belum lama ini.

Dengan prestasi tersebut, dia menyebutkan bukan hanya tilawah tapi banyak juga prestasi lainnya yang mengharumkan nama Ponpes Al-Mustaqim.

Ponpes yang miliki banyak program unggulan di bidang keagamaan ini, fokus ke pembinaan dakwah atau muballig muda, kaligrafi, hipzil Quran, kecakapan bahasa Arab dan baca barazanji.

Meski berbentuk Pondok Pesantren, santri tetap juga diberi pelajaran umum seperti pada sekolah pada umumnya. Tetap belajar bahasa Indonesia, Inggris, dan sains (Matematika, IPA), pelajaran ini juga banyak diminati santri.

“Lomba Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris juga pernah dijuarai tingkat provinsi dan nasional. Lomba lainnya di bidang olahraga juga sering mendapat juara. Yang nasional kita wakili Provinsi Sulsel lomba olahraga lari dan silat,” katanya.

Selain pelajaran agama dan umum, para santri juga diajari berbagai keterampilan, seperti menjahit, komputer, service elektronik, pertanian, peternakan dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya. (dil/din)