Pastikan Sehat, PKPK Periksa Hewan Kurban

by

PAREPARE, Parepos.co.id —¬†Memastikan kesehatan hewan kurban yang diperdagangkan masyarakat, Dinas Pertanian, Kehutanan, Perikanan dan Kelautan (PKPK) Kota Parepare turun melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.
Rencananya pemeriksaan itu mulai dilakukan hari ini, 6 September.

Mengingat jadwal pelaksanaan hari raya Idul Adha (Kurban) tinggal sepekan lagi, 12 September mendatang.
Kepala Sub Bidang Peternakan PKPK Parepare drh Nurdin ditemui di ruang kerjanya mengatakan, tiap tahun pihaknya turun melakukan pemeriksaan kesehatan hewan jualan untuk kurban. Pemeriksaan itu, kata dia, guna memastikan hewan-hewan tersebut sehat dan layak dikonsumsi.

“Mulai besok (hari ini, red) kami jadwalkan turun melakukan pemeriksaan kesehatan sapi dan kambing yang dijual untuk persiapan kurban. Sejumlah peternakan dan tempat perdagangan hewan kurban menjadi sasaran utama kita,” ujarnya kepada PARE POS kemarin.

Hasil pemeriksaan dari PKPK tersebut, lanjutnya akan menjadi rekomendasi bahwa hewan tersebut sehat dan layak dijadikan kurban dan dikonsumsi masyarakat. “Menjadi rekomendasi kalau hewan tersebut layak potong,” katanya.

Kepala Bidang Peternakan Dinas PKPK Kota Parepare Wildana SP membenarkan jadwal pemeriksaan hewan tersebut. “Sebelum dipotong, hewan harus diperiksa terlebih dahulu, sekaligus bisa menjadi rekomendasi bagi masyarakat untuk mendapatkan hewan yang sehat,” katanya.

Kepala Dinas PKPK Kota Parepare Ir Hj Damila Husain juga membenarkan hal tersebut, jika tim pemeriksa hewan dari dinas yang ia pimpin akan mendatangi sentra penjualan dan pemotongan hewan di Kota Parepare.

“Dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, sebelum dipotong dengan mendatangi sentra hewan kurban di Parepare,” katanya. (anj/din)