Perusahaan Sawit Untung Rp50 Miliar per Bulan – Pare Pos
Sulawesi Barat

Perusahaan Sawit Untung Rp50 Miliar per Bulan

Ilustrasi

MAMUJU, Parepos.co.id — Harga Tandang Buah Segar (TBS) bulan Juli dan Agustus yang disepakati berdasarkan hasil rapat bulanan antara pemerintah, petani dan perusahaan sebesar Rp1,331 per kilogram. Namun pihak perusahaan ternyata membeli TBS petani sawit dengan harga Rp1.221 per kilogram.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Sulbar Rayu, SE. Ia mengatakan, perusahaan sawit di Sulbar memproduksi sedikitnya 300 ribu ton per bulan.

Artinya, jika perusahaan membeli sawit milik petani dengan selisih harga Rp200 maka perusahaan sawit mendapatkan keuntungan atau selisih sebesar Rp50 miliar perbulan.
Jika ditotalkan pertahun, maka perusahaan sawit menikmati uang rakyat sebesar Rp600 miliar per tahun.

Rayu menegaskan, perusahaan sawit memproduksi TBS dan CPO per bulan sebesar 300 ribu ton, kalau 300 ton dikali Rp200 maka hasilnya Rp50 miliar.

“Ini uang petani yang diambil. Ini jelas pelanggaran,” katanya. Atas perbuatan perusahaan itu, Rayu berjanji akan melaporkan hal itu ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU).

“Tim sudah turun dari KPPU untuk melakukan pemeriksaan, semua data yang dibutuhkan sudah kami berikan, mudah-mudahan KPPU tidak masuk angin. Kasus ini juga rencananya kami akan bawa ke KPK,” terangnya. (yus/rif)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!