Realisasi PAD Capai 62 Persen

by

PAREPARE, Parepos.co.id — Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Parepare klaim jika capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sudah 62,27 persen per Agustus 2016.

Ini diungkap Kepala Dispenda Parepare H Nasarong SSos MH dihadapan Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe pada pemaparan monitoring capaian PAD di Ruang Data Kantor Wali Kota Parepare, Selasa, 30 Agustus.

Nasarong dalam laporannya menyampaikan bahwa realisasi PAD per SKPD bila dirata-ratakan 62 persen. Nasarong dalam kesempatan itu juga memuncul sejumlah SKPD bersama capaiannya, tertinggi adalah Bagian Keuangan Setdako meraih peringkat I, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) uratan II, Dinas Perhubungan peringkat III, dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan di urutan IV, sedangkan SKPD yang meraih peringkat terendah Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), nol persen.

“Bagian keuangan dan Dispenda tertinggi, sedangkan terendah Diskominfo,” katanya.

Dari target anggaran sebesar Rp137,5 miliar dan yang sudah capai tahapan sampai sekarang rata-rata Rp87,6 miliar atau 102,77 persen.

Bagian Keuangan Setdako over target, dari Rp9,4 miliar capaiannya Rp12,2 miliar, sedangkan yang terendah atau belum ada capaian adalah Dinas Kominfo dari target Rp195 juta, sampai sekarang belum ada realisasi, berharap ke depan semakin bisa dilakukan peningkatan, sehingga bisa juga capai target seperti SKPD lain.

Wali Kota Parepare DR HM Taufan Pawe SH MH dalam sambutannya mengatakan, pencapaian target PAD sudah memasuki triwulan II, ke depan capaian ini kalau bisa ditingkatkan lagi, atau sebelum jatuh tempo harus sudah capai target, dan kalau bisa over. “Yang belum capai, kiranya bisa ditingkatkan lagi penagihannya,” katanya. (anj/din)