Sulfiana Putus Sekolah Demi Merawat Ibunda di Sebuah Gubuk

by

WAJO, Parepos.co.id — Hidup dibawah garis kemiskinan membuat gadis cantik ini memilih untuk berhenti melanjutkan pendidikan. Hal itu dilakukannya, demi merawat sang ibunda yang tengah sakit-sakitan disebuah gubuk yang jauh dari kata layak huni tepatnya dipinggiran kota Sutera, Kawasan Lappangeng, Kelurahan Campalagi, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo. Sebut saja Sulfiana, gadis cantik ini merawat sang ibunda Habi sejak sang ayah meninggal dunia.

Saat itu, Sulfiana berumur tujuh tahun, tegar dan begitu kuat merawat ibunda tercinta. Selain itu, separu waktunya digunakan untuk mencari nafkah menghidupi keluarga. Hingga saat ini, Sulfiana tengah berumur dua belas tahun, kata putus asa sedikitpun tak pernah terpintas dibenaknya.

fb_img_14750470082487105
Digambarkan Parepos.co.id, kondisi gubuk yang menjadi satu-satunya tempat berteduh bagi Sulfiana dan ibunda Habi tak memiliki alat elektronik secanggih masa kini. Jangankan alat elektronik rumahnya saja belum dilengkapi aliran listrik. Ketika malam hari tiba, gubuk tersebut terlihat hening. Sulfiana bersama ibunda hanya menggunakan “Pelita” yang tak lain merupakan alat penerangan tradisional.

Sedangkan untuk memasak, Sulfiana pun masih menggunakan alat tradisional berupa tungku yang disebut “Dafo Tana” alat ini terbiuat dari tanah liat.

Sedangkan kondisi ibunda Habi cukup memprihatinkan. Ibunda Habi mengalami cacat, ia menyandang kondisi Tunanetra. Sehingga, Sulfiana harus terus membimbing ibunda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Untuk kebutuhan sehari-harinya, Sulfiana mengaku mendapat bantuan tetangga dan keluarga yang merasa ibah terhadap dirinya bersama sang bunda tercinta.

“Sehari-hari kami berharap uluran tangan dari tetangga, bersyukur masih ada tetangga yang iba kepada saya dan ibu, kadang saya menyempatkan waktu untuk mencari nafkah dengan mengumpulkan pelastik untuk dijual,” kata Sulfiana dengan nada lirih dibarengi kesedihan yang terlihat berselimut dibalik raut wajahnya yang masih lugu dan begitu polos. (ile/ham)

BERITA SELENGKAPNYA BACA DI KORAN HARIAN PAREPOS!!!