SMAN 11 Pinrang jadi Percontohan – Pare Pos
Pendidikan

SMAN 11 Pinrang jadi Percontohan

Ilustrasi

PINRANG, Parepos.co.id — SMAN 11 Pinrang salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Pinrang telah melaksanakan program SMA rujukan. Kini setiap kali event terbuka tak pernah absen. Terbukti, Pameran dan Pekan Raya Pinrang yang digelar KNPI Pinrang sekolah ini ikut serta bekerja sama dengan 21 Manajemen yang digelar 12 November 2016 di pelataran Mall Sejahtera Pinrang.

Kepala SMAN 11 Pinrang Drs H Ridwan Ali MPd mengatakan, keikutsertaan SMA yang dipimpinya lantaran bertepatan dengan program SMA rujukan untuk melakukan pameran sekaligus mensosialisasikan berbagai program sekolah yang diharapkan menjadi sekolah percontohan di Kabupaten Pinrang tersebut.

Menurut Ridwan, SMA rujukan merupakan program peningkatan mutu pendidikan berbasis wilayah (provinsi dan kabupaten/kota) yang diintegrasikan dengan program pembinaan lainnya dari Direktorat Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).

Sekolah ini merupakan salah satu dari 614 SMA yang ditetapkan dan terpilih sebagai SMA rujukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Diharapkan sebagai sekolah yang sudah memenuhi standar, layak untuk menjadi rujukan pengembangan sekolah di Kabupaten Pinrang maupun secara nasional.

Untuk pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) ini tidak dapat dilaksanakan sekaligus, jadi perlu dibuatkan skala prioritas, dengan mempertimbangkan standar yang memiliki ketercapaian tinggi dan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia di sekolah.

Pemenuhan standar nasional pendidikan ini difokuskan pada 4 standar, yaitu, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), kedua, Standar Isi, ketiga, Standar Proses, dan yang terakhir Standar Penilaian Pendidikan.

Sementara itu Wakasek kesiswaan Syaifuddin Muhiddin MPd menambahkan jika tahapan implementasi SMA rujukan yang akan berlangsung selama tiga tahun ini meliputi tahapan penataan, pemantapan, dan kemandirian.

“Kami ikut pameran agar masyarakat tahu kalau sekolah SMAN 11 Pinrang merupakan sekolah rujukan,” jelas Syaifuddin. Makanya berbagai kegiatan dalam meningkatkan mutu sekolah terus kami lakukan, tambahnya. (ilo/din)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!