Mensos: Penting Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman di Lembaga Pendidikan – Pare Pos
Nasional

Mensos: Penting Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman di Lembaga Pendidikan

JAKARTA,Parepos.co.id– Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, peringatan maulid Nabi Muhammad SAW sejatinya menjadi bahan refleksi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, serta mendudukan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam. “Saya kira, ini penting dilakukan untuk melakukan refleksi melalui peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta mendudukan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam, ” ujar Mensos usai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Jakarta Timur, Minggu 29 Januari.

Islam, kata Mensos, yang rahmatan lil alamin itu tidak hanya bagi umat muslim melainkan bagi semua manusia tanpa membedakan suku, agama, ras dan antar golongan. “Islam sendiri adalah pembawa rasa damai dan penuh kasih terhadap sesama manusia. Maka, kita semua diminta untuk mendekati apa yang dicontohkan Rasulullah SAW, sehingga jangan sampai kita masih jauh dari apa apa yang dicontohkannya, ” ucapnya.

Terlebih acara maulid ini digelar di lembaga pendidikan Islam. Sebetulnya ada pesan untuk proses internalisasi nilai-nilai keislaman agar lebih intensif di lembaga – lembaga pendidikan Islam di seluruh Indonesia. “Para pendidik dan seluruh peserta didik agar bersama-sama melakukan refleksi diri sekaligus melakukan koreksi sudahkah dalam proses belajar mengajar mengambil ruh dari nilai-nilai Islam tersebut, ” katanya.

Pada dasarnya Islam hadir sebagai rahmat bagi semesta alam. Alam di sini dimaknai sebagai manusia dan seluruh isinya, termasuk dengan binatang dan tanaman. “Kita diperintahkan untuk saling mengasihi dan tidak dibenarkan menyakiti apalagi menebar kebencian, baik terhadap manusia, binatang dan tanaman. Salah satu sikap menjaga alam yaitu dengan tidak melakukan illegal logging, ” tandasnya. Usai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Mensos meresmikan Gedung Kantor Yayasan Al-Ma’ruf yang ditandai dengan panandatanganan prasasti, serta memberikan paket santunan bagi kaum dhuafa sekitar.(ade)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!