Lurah Bumi Harapan, Mengedepankan Pelayanan Prima – Hacked by TryDee
Tomalebbi'ta

Lurah Bumi Harapan, Mengedepankan Pelayanan Prima

Lurah Bumi Harapan, Akmal Fattah

Lurah Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Akmal Fattah memang pantas dinobatkan sebagai lurah terbaik. Pasalnya sejak diberi amanah menjadi orang nomor satu di Kelurahan Bumi Harapan. Akmal Fattah dalam memberikan pelayanan ke masyarakat, semuanya memuaskan. Melalui  pelayanan prima kepada masyarakat yang memuaskan menempatkan Lurah Bumi Harapan, Akmal Fattah sebagai lurah terbaik. Hal itu berdasarkan hasil indeks kepuasaan masyarakat (IKM) yang mencapai nilai 95 persen terhadap pelayanan masyarakat. Capaian tersebut tidak terlepas dari kerja keras yang dilakukan seluruh perangkat Kelurahan Bumi Harapan tersebut dengan mengedepankan pelayanan prima, dan dekat masyarakat. Lurah Bumi Harapan, Akmal Fattah yang dihubungi, kemarin mengatakan, keberhasilan yang dicapai tersebut,  tidak boleh membuatnya untuk berbangga diri. Justru kepuasaan masyarakat atas pelayanan yang mencapai angka 95 persen menjadi motivasi di tahun kompetisi ini. “Justru dijadikan sebagai motivasi untuk berkarya dan bekerja lebih baik lagi, apalagi tahun ini, Pak Walikota meminta agar kita  lebih berkompetisi,” kata Akmal Fattah.

Dia menjelaskan, pihaknya akan terus membenahi pelayanan di kantornya dengan melakukan pendekatan kepada warga. “Pendekatan dengan warga dengan konsep spiritual menjadi salah satu sistem yang dibangun di kelurahannya,” katanya.  Dia pun bersama warga terus bersinergi dalam menjaga lingkungan yang bersih, tertata dan berestetika. “Kita dekat dengan warga itu memang butuh waktu dan kesabaran. Olehnya itu kita dekati mereka dengan pendekatan kekeluargaan dan memberikan pencerahan spiritual,” jelasnya. Dia menyebutkan, kepuasan masyarakat atas kinerja pelayanan kelurahan Bumi Harapan akan terus ditingkatkan, dan selalu menemptkan diri sebagai seorang pelayan masyarakat. “Sebagai pemerintah, kita harus tempatkan diri sebagai pelayan masyarakat, agar masyarakat bisa puas atas pelayanan itu sendiri,” harapnya.

Selain itu, capaian tersebut juga tidak terlepas dari partisipasi dan kontribusi dari fungsi-fungsi RT dan RW di wilayah kerjanya. “Pelayanan ke masyarakat kita terapkan secara berjenjang dengan memberdayakan fungsi setiap ketua RT dan RW,” katanya. Menurutnya, fungsi RT dan RW sejalan dengan program Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare dalam peningkatan kapasitas RT/RW yang terdepan, sebagai ujung tombak dalam pelayanan ke masyarakat. “Fungsi RT/RW ini juga dalam memaksimalkan pelayanan yang ramah dan pro lansia. Karena RT/RW itulah yang mengetahui kondisi warganya, mulai dari pendidikan hingga perekonomian,” ujar Akmal yang dilantik menjadi lurah Bumi Harapan pada Maret 2015, lalu. Dijelaskan Akmal, pelayanan ramah lansia juga didukung dengan keseriusan staf yang melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. “Intinya bagaimana masyarakat kita puas dalam hal pelayanan di kelurahan,” katanya.

Dia menyebutkan, pihaknya juga menerapkan standar pelayanan dengan azas pertimbangan kemanusiaan, khususnya dengan pelayanan pro lansia. “Memang ada aturan yang harus kita pahami dalam pelayanan. Namun pelayanan yang pro lansia tetap menjadi prioritas dan perhatian serius,” katanya. Dia menggambarkan jika ada masyarakat, khususnya usia lanjut datang ke kelurahan untuk mengurus administrasi persuratan, tentunya ia menelepon RT-nya untuk datang mendampingi warganya tersebut. “Saya telepon ketua RT-nya untuk mendampinginya agar tidak bolak-balik lagi. Saat itu juga kita rampungkan. Ini pertimbangan kemanusiaan karena melihat kondisinya yang sudah usia lanjut,” ujarnya.

Tak hanya, kata dia, pihaknya juga menerapkan sistem pelayanan jemput bola dengan memberdayakan masing-masing RT/RW. “Semunya kita berdayakan mulai RT/RW. Ini untuk memberikan rasa nyaman dan kepuasan terhadap masyarakat.  Sebelumnya, Wali Kota Parepare, DR HM Taufan Pawe memandang RT/RW merupakan ujung tombak pemerintahan dalaman peningkatan pelayanan masyarakat untuk memberikan pelayanan di masyarakat  dan bertugas untuk meyampaikan pesan pesan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah. “ Kalau kita berbicara peningkatan kapasitas, ini mungkin sudah tepat karena proses pembangunan Parepare kita akan genjot terus. RT/RW adalah yang paling dekat dengan masyarakat yang harus memberikan pelayanan secara maksimal,” harap wali kota. Wali Kota menambahkan peningktan kapasitas, fokusnya adalah bagaimana RT/RW dapat menjadi perpanjangan tangan walikota. (*/ade)

DATA DIRI
1. Nama : Akmal Fattah
2. Tempat/Tanggal Lahir: Sinjai, 19 Januari 1967
3. Pendidikan Terakhir: Pasca Sarjana Unhas Makassar
4. Keluarga
– Isteri: Yuli Karyaningsih
– Anak: 1. Fachrurrozy Akmal
2. Fachdilla Akmal
3. Nabila Mumtaza Akmal
4. Gina Latifa Akmal
5. Jabatan:
– Kasubag Perencanaan Anggaran Dinas Capil 2010-2015
– Lurah Bumi Harapan 2015 sampai sekarang

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!