Hari Kartini, Ini Kata Wanita Hebat di Parepare – ParePos –
Metro Pare

Hari Kartini, Ini Kata Wanita Hebat di Parepare

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April setiap tahunnya kembali diperingati hari ini, Jumat, 21 April 2017. Memaknai Hari Kartini sangatlah besar. Banyak inspirasi dan pesan yang disampaikan lewat perjuangan yang telah dilakukan seorang Kartini muda semasa hidupnya. Perjuangan RA Kartini pada masanya menjadi inspirasi tersendiri bagi perempuan di Kota Parepare. Mereka pun memaknai Hari Kartini bervariasi, apalagi sebagai wanita sangat bisa diandalkan.

Ketua TP PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid menuturkan, jika hari Kartini patut diingat sebagai tonggak sejarah kebangkitan perempuan di Indonesia. Lebih lanjut, Ketua FKPPI Kota Parepare, juga berharap agar  apa yang sudah diteladankan oleh Kartini bisa hadir dalam kehidupan nyata. “Segala yang telah dilakukannya, semoga bisa memberikan dorongan dan motivasi untuk terus belajar serta lebih produktif dalam segala hal,”katanya.

Senada Wakil Direktur Bidang Pelayanan Rumah Sakit Umum (RSU) Andi Makkasau Parepare, dr Renny Anggraeny, mengatakan, RA Kartini adalah tokoh pejuang emansipasi wanita. “Saya pribadi memaknai emansipasi sebagai persamaan hak antara laki-laki dan perempuan, tanpa melupakan kodrat masing-masing,” ungkapnya.

Menurutnya, persamaan dalam kesempatan memperoleh pendidikan, pekerjaan dan eksistensi dalam kehidupan sehari-hari baik laki-laki atau perempuan telah sejajar, Namun, baginya sebagai wanita, haruslah tetap menyadari kodratnya sebagai wanita. “Bekerja sesuai kemampuan tanpa melupakan tanggung jawab sebagai ibu bagi anak-anak kita.  Saya merasa bahagia bila bisa bermanfaat bagi sesama,”ungkap dokter berhijab ini.

Tak jauh beda dengan polwan cantik yang satu ini. Menurut Polisi Wanita (Polwan), Suci Lestari Sakti, RA kartini sangat berjasa dalam kehidupan wanita di masa moderen ini. Karena, kata dia,  beliaulah (RA Kartini) telah meperjuangkan hak-hak wanita agar sejajar dengan laki- laki, sehingga wanita di Indonesia tidak lagi dipandang sebelah mata, dan  bisa memiliki peluang yang sama dengan laki laki seperti halnya dibidang pekerjaan. Dia mencontohkan.  seorang polwan dibalik lemah lembutnya sebagai wanita, juga bisa mengerjakan pekerjaan polisi laki-laki (polki) dan saat ini sudah ada beberapa polwan yang menjabat sebagai Kapolres atau menjabat jabatan penting. “Itu membuktikan bahwa, seorang wanita juga bisa menjadi pemimpin untuk orang orang di sekitarnya. Maka dari itu sebagai wanita Indonesia, kita harus meneladani semangat RA Kartini agar menjadi contoh bagi generasi penerus,” papar Polwan Polres Parepare ini.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!