Ormas Bertentangan Pancasila Harus Dibubarkan – Pare Pos – Online
Opini

Ormas Bertentangan Pancasila Harus Dibubarkan

Akbar Saputra

OLEH : Akbar Saputra
Mahasiswa Wajo ( Domisioner Ketua BEM Farmasi UMI )

Ideologi adalah ide atau gagasan, ideologi pertama diperkenalkan oleh Antoine Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan “sains tentang ide”. Ideologi sendiri bertujuan sebagai asas atau dasar pemikiran dalam mengambil keputusan/tindakan. Ideologi Pancasila adalah adalah kumpulan nilai-nilai atau norma yang berdasarkan sila-sila pancasila dimana merupakan nilai luhur budaya dan religius bangsa indonesia. Ideologi pancasila terbentuk atas penyatuan rakyat indonesia dalam kemerdekaan yang menyatukan suku, ras, dan agama sehingga dapat saling menghargai adat dan budaya yang ada di indonesia.

Kita perlu paham bahwa dalam perkembangan suatu negara tidak boleh ada lebih dari satu ideologi yang ada dalam negara tersebut karena ketika memiliki lebih dari satu maka ideologi tersebut akan saling bertentangan dan akan memicu konflik atau timbul-timbul kelompok-kelompok radikal. Tentu di Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) juga harus menerapkan bahwa hanya ada satu ideologi di negara ini yaitu ideologi pancasila agar keutuhan NKRI tidak dapat digoyangkan dan dilengserkan.

Dalam hal ini kelompok atau organisasi masyarakat yang berdiri di NKRI ini tentu perlu mengikuti ideologi pancasila agar dapat bersinergis dalam membangun negara dan kesejateraan rakyat. Dan organisasi masyarakat yang tidak mengikuti/ memiliki ideologi lain dari ideologi pancasila harus dibubarkan karna hanya akan menggangu keutuhan dan kesejateraan NKRI ini. Mengingat dari sejarah bahwa pernah ada Partai Komunis Indonesia ( PKI ) atau ideologi komunis dimana menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya termasuk diktator yang menyebabkan banyak kekacauan.

Dalam sejarahnya menyebabkan tewasnya 10 perwira indonesia dalam peristiwa G30S/PKI dan mereka akhirnya dibubarkan dengan paksa karna sangat mengancam negara kesatuan repeblik indonesia. Bahkan setelah bubar sampai saat ini kita masih sering mendengar tentang ideologi komunis sehingga hal ini tentu harus sangat diperhatikan dan harus selalu diawasi karna telah termasuk salah satu urgensi negara ini dalam berkembang untuk lebih maju.

Untuk menghindari sejarah kembali terulang maka dibentuklah undang-undang No. 17 tahun 2013 tentang organisasi masyarakat ( ormas ) dimana tidak menentang hak asasi manusia ( HAM ) untuk berkelompok dalam mencapai tujuan bersama. Namun perlu diperhatikan bahwa dalam undang-undang No. 17 tahun 2017 pasal 2 bahwa organisasi masyarakat (Ormas) tidak boleh bertentangan dengan ideologi pancasila. Tentunya dalam undang-undang ini diatur tentang pembubaran jika terdapat ormas yang bertentangan dengan ideologi pancasila dan saya sangat setuju untuk segera dibubarkan sebelum membentuk kelompok yang lebih besar dan menggangu keutuhan NKRI.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top