40 Persen Warga Rutan Pinrang tak Miliki E-KTP – Pare Pos – Online
Pilkada Pinrang

40 Persen Warga Rutan Pinrang tak Miliki E-KTP

Devisi Perencanaan dan Data, Andi Bakhtiar Tombong saat melakukan sosialisasi didepan warga binaan Rutan Pinrang

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Dari 338 penghuni Rumah Tahanan Kelas II B Pinrang, sekitar 40 persen belum melakukan perekaman data untuk kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP). Hal itu diungkapkan, Kepala Divisi Perencanaan dan Data KPU Pinrang, Andi Bakhtiar Tombong yang ditemui di Rutan Pinrang, kemarin.

Menindaklanjuti hal itu, KPU akan meminta data pasti dari pihak Rutan agar bisa melakukan pendataan secara detail terhadap warga binaannya, khususnya yang memiliki hak pilih dan belum melakukan perekaman. Tujuannya, kata Bakhtiar, agar KPU bisa mengajukan pelaksanaan perekaman data ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil) agar mereka memiliki E-KTP. “Kami akan melakukan koordinasi ke pihak Disdukcapil, agar melakukan perekaman data di Rutan Pinrang,” jelasnya.

Bakhtiar menjelaskan, pemilih adalah ‘ruh’ dalam penyelenggaraan pemilihan umum. Olehnya itu, jika data pemilih tidak akurat maka akan berpengaruh pada kualitas pelaksanaannya. Terkait pemilih di pelaksanaan Pilkada serentak 2018, lanjut Bakhtiar, masyarakat yang berhak memilih dan bisa didaftarkan di Tempat Pemungutan Suara maupun telah tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap dalam Pilkada mendatang adalah masyarakat yang memiliki E-KTP atau bagi mereka yang sudah melakukan perekaman data.

Dia pun mengimbau agar semua pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu dapat ikut pro aktif dengan mengajak masyarakat yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih namun tidak memiliki KTP untuk segera melakukan perekaman.(*)

Click to comment

Most Popular

To Top