Kapolda dan Bupati Jajaki Leang Sumpang Bita, Ini Kesannya – Pare Pos – Online
Style dan Keren

Kapolda dan Bupati Jajaki Leang Sumpang Bita, Ini Kesannya

Kapolda saat dipuncak Leang Sumpang Bita

PAREPOS.CO.ID,PANGKEP– Dalam kunjungannya ke lokasi Taman Prasejarah Sumpang Bita di Kampung Sumpang Bita, Kelurahan Balocci Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Kapolda bersama Wakapolda Sulsel didampingi Bupati dan Kapolres bersama rombongan Polda menyempatkan diri menjajaki Leang Sumpang Bita untuk melihat langsung cagar alam yang ada di gua bersejarah tersebut. Sumpang Bita adalah destinasi yang sangat menarik di tempat ini selain taman hijaunya, karena tanpa menaiki tangga 1000 ini kita tidak dapat mengakses Leang Sumpang Bita dan Leang Bulu Sumi. Jumlah tangganya yang sangat banyak hingga dinamakan sebagai tangga seribu.

Kapolda berjalan usai mencapai leang Sumpang bita

Taman Purbakala Sumpang Bita berada di Desa Sumpang bita, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Provinsi Sulawesi Selatan. Berada di Kilometer 55 sebelah utara Kota Makassar dengan letak astronomiknya 54 5 4 53.8 E119 38 3 8.7 dengan luas kawasan sekitar 2 ha, yang terbagi atas tanah datar dan gunung kapur. Di kawasan Taman Purbakala Sumpang Bita terdapat dua gua prasejarah yaitu Gua Sumpang Bita dan Gua Bulu Sumi.

Bupati Pangkep bersama Irwasda dan Kadiv Humas Polda Sulsel

Kelelahan nampaknya dirasakan oleh pengunjung untuk sampai ke lokasi ini karena lokasinya berada diatas 280 mdpl dan sekitaran 2 jam jarak tempuh dari kota Makassar. Akan tetapi saat menginjakkan kaki dan masuk dalam lokasi taman ini, semua rasa lelah yang sebelumnya menghampiri akan terbayarkan oleh keindahannya.

Selain itu, dipuncak akan disuguhkan lukisan dinding gambar telapak tangan dan kaki negatif, ada lukisan babi rusa, lukisan perahu, serta cangkang molusca. Jumlah cap tangan sendiri sebanyak 69 buah, lukisan babi rusa 12 buah, dan lukisan perahu 1 buah.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono usai menaiki tangga 1000 menuturkan, objek wisata ini merupakan sebuah kenikmatan atas ciptaan tuhan. “Jumlah tangga hingga ke leang Sumpang Bita sebanyak 936 tangga. Saya menghitungnya sampai puncak,”ungkapnya. Bahkan, lanjut Kapolda, bagi yang ingin naik ke puncak membutuhkan tenaga ekstra. “Kalau tidak terlatih memang sulit. Namun, ini adalah pengalaman tersendiri,”singkatnya.(*)

Click to comment

Most Popular

To Top