Lima Puskesmas di Soppeng Telah Jalani Akreditasi – Pare Pos
Pro Daerah

Lima Puskesmas di Soppeng Telah Jalani Akreditasi

Plt Kadis Kesehatan Soppeng Sarianto berbincang serius dengan tiga anggota Tim Surveior Akreditasi FKTP Kemenkes RI yang melakukan survai di Puskesmas Leworeng, Kecamatan Donri-Donri, Rabu 6 September.

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG — Lima Puskesmas di Kabupaten Soppeng telah menjalani penilaian dari Tim Surveior Akreditasi Fasilitasi Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan RI. Masing-masing Puskesmas Salotungo, Ganra, Malaka, Liliriaja, dan terakhir Puskemas Leworeng. Plt Kadis Kesehatan Soppeng, Drs Sarianto MSi mengatakan, dengan selesainya lima Puskesmas tersebut, kini tinggal dua dari tujuh Puskesmas yang direncakan untuk diakreditasi tahun 2017 ini, yakni Puskesmas Gorie dan Baringeng.

Dia menjelaskan, bahwa Tim Surveinor Akreditasi FKTP ini melakukan survai penilaian pada setiap puskesmas minimal tiga hari. Selain itu, Tim Surveinor yang beranggotakan minimal tiga orang itu berbeda-beda, dengan jadwal waktu yang berbeda pula.“Karena itu, pelaksanaan Akreditasi Puskemas di Soppeng ini tentu membutuhkan waktu yang agak lama. Apalagi ada tujuh puskesmas yang akan kita Akreditasi tahun ini,” kata Sarianto saat memantau Puskemas Leworeng sekaligus menemui Tim Surveinor Akreditasi yang sedang melakukan survai di puskesmas itu, Rabu 6 September.

Asisten I Pemerintahan Setda Soppeng ini juga menjelaskan, bahwa dalam pelaksanaan Akreditasi Puskesmas ini setidaknya ada tiga indikator yang menjadi penilaian utama, yakni administrasi, manajemen, Pelayanan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), dan Pelayanan Upaya Kesehatan Masyarakat (UMK).

Karena itu, kata Sarianto, Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak mengharapkan dengan terselenggaranya akreditasi puskesmas ini dapat menjadikan mutu, kinerja dan pelayanan puskesmas di daerah ini semakin baik. Termasuk dengan hadirnya pelayanan kesehatan masyarakat yang semakin berkualitas.“Dengan akreditasi puskesmas ini, bapak Bupati Soppeng harapkan mutu dan kinerja pelayanan puskesmas semakin baik kedepannya, sehingga masyarakat semakin puas dan terpenuhi akan harapannya dengan hadirnya pelayanan kesehatan yang semakin berkualitas,”ujarnya.

Apalagi, kata Sarianto, bidang kesehatan ini merupakan salah satu strong point visi misi pemerintahan pasangan Bupati HA Kaswadi Razak dan wakil Bupati Supriansa, yakni Pemerintahan Soppeng Tanpa Sekat.”Selaku Plt Kadis Kesehatan, kami bersama jajaran dinas kesehatan termasuk puskesmas dan pihak RSUD Latemmamala, mendukung penuh dengan terus berupaya merealisasikan apa yang menjadi harapan bapak bupati dengan mengahadirkan pelayanan kesehatan masyarakat yang semakin berkualitas,” pinta Sarianto. (wis)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!