Calon Kepala Daerah Wajib Tes Narkoba – Pare Pos
Pilwalkot Parepare

Calon Kepala Daerah Wajib Tes Narkoba

Suasana acara sosialisasi tata cara dukungan bagi calon perseorangan di KPU Parepare, kemarin. KPU menerima berkas pendaftaran balon peseorangan 25- 29 November 2017.

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Balon calon wali kota dan balon calon wakil wali kota atau kepala daerah harus bebas narkoba. Mereka diwajibkan membawa surat keterangan bebas narkoba dari doketer saat mendaftar sebagai calon kepala daerah. Syarat lain yang harus dipenuhi calon kepala daerah yakni tidak pernah dipidana penjara lebih dari lima tahun. Komisi Pemilihan Umum daerah (KPUD) Kota Parepare bekerjasam Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel dan Ikatan Dokter Indenesia (IDI) untuk melakukan pemeriksaan dan tes urine kepada calon kepala daerah. “Pernyataan bebas narkoba dan tak pernah dipidana penjara di atas lima tahun merupakan persyaratan yang wajib dipenuhi bagi calon kepala daerah saat mendaftar di KPI,” kata anggota KPU Kota Parepare Sudirman ST di acara sosialisasi tata cara dukungan bagi calon perseoranga di KPU Parepare, Kamis 26 Oktober.

Dia menjelaskan, saat ini, peraturan KPU banyak yang berbeda dari sebelumnya. Mulai dari jumlah dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dan proses penyerahan berkas dukungan kandidat yang maju melalui indpenden. “Ada empat item berkas yang mendasar harus dilengkapi bakal calon perseorangan ke KPU yakni surat pernyataan dukungan, fotocopy KTP elektronik, daftar jumlah pendukung dan hardcopy dari berkas tersebut,” ujar Divisi Teknis KPU Parepare itu.

Menurutnya, jika bakal calon dinyatakan lengkap berkasnya, maka selanjutnya dilakukan verifikasi faktual dan pemeriksaan administrasi.”Kami akan turun mendatangi satu persatu nama yang ada di daftar dukungan bakal calon yang diserahkan,” katanya.Sedangkan, jadwal penyerahan berkas bagi bakal calon independen atau perseorangan itu mulai 25- 29 November 2017, mendatang. “Setelah itu akan dilakukan validasi data dan diberikan masa perbaikan kepada bakal calon untuk melengkapi berkasnya setelah dilakukan verifikasi faktual,” katanya. (mon/ril)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!