Demi Masyarakat Kepulauan Terluar, Dewan dan Kades Kunker ke Jakarta – Pare Pos
Pro Daerah

Demi Masyarakat Kepulauan Terluar, Dewan dan Kades Kunker ke Jakarta

Pertemuan anggota DPRD dan Kepala Desa di Kementrian Kelautan dan Perikanan

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), PT Pertamina serta Komisi VII DPR RI menjadi agenda kunjungan kerja anggota Komisi II DPRD Pangkep beserta sejumlah Kepala Desa dari wilayah kepulauan terluar di Kabupaten Pangkep. Rombongan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pangkep Ir H Rizaldi Parumpa MSi itu bertujuan guna membahas persoalan kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas Elpiji bagi masyarakat di dua wilayah kecamatan terluar yakni Liukang Tangaya dan Liukang Kalmas.” Kita sangat berharap ada perhatian serius dari seluruh stakeholder, pasalnya hal ini menyangkut kelangsungan hidup ribuan orang yang berdomisili di daerah gugusan kepulauan super monde di Kabupaten Pangkep,” kata Ketua OKK DPW PPP Sulsel tersebut, Kamis 26 Oktober, pagi tadi.

Wakil Ketua DPRD Pangkep Ir H Rizaldi Parumpa MSi bersama anggota dewan dan kepala desa dari wilayah kepulauan

 

Rizaldi menjelaskan, kelangkaan BBM dan Gas Elpiji terjadi dikarenakan akses kewilayah kepulauan membutuhkan waktu berhari-berhari, menggunakan kapal nelayan atau kapal perintis yang telah disediakan oleh pemerintah. “Masyarakat di kepulauan terluar selama ini, lebih mudah mengakses kebutuhannya dari daerah lain dibandingkan ke daerahnya. Beberapa waktu lalu, beberapa warga asal Liukang Tangaya harus berurusan dengan pihak yang berwajib dalam hal ini Satuan Polisi Air (Polair) di NTB karena nekad mengangkut gas dan BBM yang memang jaraknya jauh lebih dekat kira-kira 8 jam saja, dari pada harus ke Pelabuhan Paotere Makassar atau pelabuhan Maccini Baji Kabupaten Pangkep yang memakan waktu hingga berhari-hari dengan resiko perjalan laut yang tentu jauh lebh berat,” jelasnya.

Olehnya itu bersama anggota Komisi II DPRD dengan lima perwakilan Kepala Desa dari kepulauan, bermaksud mencari solusi khusus untuk masyarakat di sana. “Kami sudah mendatangi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), kemarin. Selanjutnya hari ini kami agendakan melakukan audiens ke PT Pertamina dan juga Komisi VII DPR RI. Semoga kita bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat kita dan kami harap doa seluruh masyarakat,” ungkapnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!