Dinkes Polman Ultimatum Apotek Penjual PCC – Pare Pos – Online
Sulawesi Barat

Dinkes Polman Ultimatum Apotek Penjual PCC

Kepala Dinas Kesehatan Polman, A Suaib Nawawi

PAREPOS.CO.ID, POLMAN–Peredaran pil Paracetamol, Caffeine dan Carisoprodol ( PCC) yang mulai masuk di sejumlah daerah membuat Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar meningkatkan kewaspadaan, agar pil ini dapat dicegah peredarannya di wilayah Polman. Kepala Dinas Kesehatan Polman, A. Suaib Nawawi mengatakan, saat ini Polewali Mandar masih terbebas dari peredaran pil PCC yang kini marak diberitakan di daerah lain, namun bukan berarti harus lengah justru kewaspadaan perlu terus ditingkatkan.

Menurutnya, Dinkes Polman sudah ikut terlibat dalam pemeriksaan toko obat dan apotek yang diprakarsai oleh polisi. “Yang masalah itu apabila ada pengecer-pengecer, itu yang ditakutkan. Tapi kalau yang sudah legal itu sudah tidak dikhawatirkan lagi dan sudah ada komitmennya dengan para pemilik apotek yakni apabila ada yang ditemukan sanksinya harus ditutup,” tegas Suaib Nawawi. Menurutnya, dua hari lalu telah dibuat pertemuan dengan para pemilik apotek dan semua sepakat tidak boleh ada obat habis pakai beredar dan obat yang tidak memiliki BPOM. “Efek yang ditimbulkan oleh penggunaan PCC yang mengonsumsi akan berhalusinasi, euforia berlebihan dan lupa ingatan,” katanya.

Ia juga menjelaskan, PCC sudah tidak digunakan dalam metode pengobatan bahkan pemerintah sudah melarang memproduksi obat ini. “PCC sudah lama tidak digunakan dalam kepentingan medis karena efeknya cukup berbahaya, yang menjadi fokus pemerintah saat ini mencari yang memproduksi obat ini,” ungkapnya. Kapolres Polman AKBP Muhammad Rifai secara terpisah mengungkapkan, pihaknya terus berkoodinasi dengan instansi terkait soal pengawasan peredaran PCC. Selain itu ia juga berharap partisipasi masyarakat untuk melaporkan jika melihat ada tindakan kriminal dan semacamnya yang terjadi di wilayahnya. “Kalau bicara obat daftar G maka kita mengacu pada Undang-undang kesehatan dan disitu mengatur ketentuan pidana, perkara narkoba pasti kami tindaki, dan pokoknya zero toleran,” tegas Kapolres. (Kontributor:erwin/rif)

Click to comment

Most Popular

To Top