Disdik Pangkep Programkan Kelas Hobi di Empat Pulau, Begini Pelaksanaanya – Pare Pos – Online
Pendidikan

Disdik Pangkep Programkan Kelas Hobi di Empat Pulau, Begini Pelaksanaanya

Wakil Bupati dan Wakil Ketua DPRD Pangkep saat berkunjung di Pulau Salemo

PAREPOS.CO.ID,PANGKEP– Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) kini memiliki program kelas hobi yang telah di launcing pelaksanaannya beberapa waktu lalu di Pulau Salemo, Desa Mattiro Bombang, Kecamatan Liukang Tupabiring Utara. Dalam program tersebut, ada empat pulau yang akan dijadikan percontohan, yakni Pulau Salemo, Pulau Sabangko, Pulau Sagara, dan Pulau Sakuala.

Wakil Bupati Pangkep, H Syahban Sammana SH mengapresiasi program yang dilaksanakan Disdik. Ia pun menilai program kelas hobi merupakan sebuah inovasi dan terobosan baru dalam dunia pendidikan. Tujuannya untuk mengembangkan bakat serta potensi anak didik khususnya diwilayah kepulauan. “Program kelas hobi sesuatu hal yang dibutuhkan bagi anak sekolah untuk mengembangkan bakat. Misalnya, dalam pengembangan dan pemanfaatan rumput laut untuk dijadikan makanan ringa. Hal ini bisa disosialisasikan dan itu bisa ikut mempromosikan potensi diwilayah kepulauan,”jelasnya, Sabtu 7 Oktober, di Warkop Kita.

Terpisah, Sekretaris Disdik Pangkep, Muslimin Yusuf menjelaskan, kegiatan ini hadir utk menjawab visi misi bupati dan wabup dalam membangun desa moderen dengan memanfaatkan kearifan lokal. Program kelas hobi adalah wadah untuk mengetahui bakat siswa dan mengembangkanya melalui pendidikan keterampilan, pendidikan seni dan pendidikan olahraga.

Muslimin mencontohkan, dalam hobi keterampilan akan diajarkan kepada murid cara mengolah rumput laut menjadi sabun dan cemilan-cemilan bergizi. Namun, salah satu kendala yang dialami adalah soal penyaluran dari hobi tersebut. “Tapi, alhamdulillah pak wabup melalui launcing akan membantu menyalurkan produk dari kelas hobi seperti membantu memasarkannya,”jelasnya.

Dalam proses pelaksanaan program, siswa di data sesuai hobinya, misalnya hobi keterampilan maka akan diajarkan keterampilan mengolah rumput laut jd sabun dan cemilan bergisi serta kulit kerang jadi souvenir, ikan jadi abon dan lainnya. Proses pembelajaran di ajarkan pada mata pelajaran muatan lokal, karena materi muatan lokal itu dilaksanakan 2 jam perminggu dan materi apa yang diajarkan sepenuhnya kewenangan kepala sekolah. “Selama ini materi yang diajarkan hanya bahasa daerah, jadi setelah adanya kelas hobi maka dimasukkan ke dalam muatan lokal,”ungkapnya. Ditambahkannya, dalam launcing kelas hobi juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Pangkep Ir H Rizaldi Parumpa MSi.(*)

Click to comment

Most Popular

To Top