Dishub-Satlantas Razia Angkutan Umum – Pare Pos – Online
Pro Daerah

Dishub-Satlantas Razia Angkutan Umum

PAREPOS.CO.ID, MAROS– Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros dibantu Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Maros mulai melakukan razia terhadap angkutan umum. Dishub-Satlantas melakukan pemasangan stiker trayek dan jalur guna menghindari rute ganda terhadap angkutan umum. Pemasangan stiker yang dilakukan disekitar Jalan Boulevard atau samping kantor Bupati Maros ini juga untuk memudahkan penumpang dalam menggunakan angkutan umum.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Maros, Ikram Puang Siga mengatakan, pemasangan stiker trayek ini, guna menghindari sopir atau angkutan dari luar Maros melintas dan mengambil penumpang di Maros.Apalagi kata dia, ada segelintir sopir yang mau menguasai jalur sehingga semua tujuan diambil. “Jadi salah satu alasannya supaya hal-hal seperti itu tidak lagi terjadi. Jika ada sopir yang memiliki izin trayek lebih dari satu maka akan diberikan pilihan, kalau mau AKDP maka akan kita kasi stiker sesuai trayek dan sebaliknya kalau mau angkutan pedesaan kita juga kasi stiker trayek seperti itu,” ungkapnya.

Selain itu kata dia ini juga untuk memudahkan para penumpang memilih angkutan. Pasalnya, selama ini banyak yang salah naik angkutan. Sementara untuk dampak positifnya kata Ikram, angkutan umum dari luar Maros tidak berani lagi mengambil angkutan di Maros. Pasalnya, selama ini ada beberapa angkutan umum dari Makassar mengambil penumpang di Maros. Ketika ada stiker angkutan itu tidak akan lagi berani mengambil penumpang di Maros.

Dia juga berharap dengan adanya stiker trayek ini Dishub dan Polres Maros bisa melakukan pengawasan terhadap kendaraan yang melintas tanpa stiker trayek. “Kalau sekarang kan baru sebatas sosialisasi tapi nanti kalau kita dapati dua kali melintas di daerah yang bukan wilayahnya maka akan kita turunkan penumpangnya. Dan dilakukan penilangan hingga dikandangkan mobilnya,” katanya.

Prev1 of 2

Click to comment

Most Popular

To Top