DPRD Parepare Jemput Aspirasi di Lapormas – Pare Pos – Online
Metro Pare

DPRD Parepare Jemput Aspirasi di Lapormas

Sekretaris DPRD Kota Parepare, Amiruddin Idris

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Parepare terus meningkatkan pelayanan. Berbagai inovasi di lancarkan lembaga ini untuk memudahkan masyarakat memberi masukan ataupun menyuarakan aspirasi mereka. Saat di kunjungi tim dari Lembaga Administrasi Negara (LAN), DPRD melalui Sekretaris Dewan Amiruddin Idris mengatakan, kedatangan tim dari LAN bermaksud untuk menanyakan inovasi yang dilakukan sekretariat dewan. Amiruddin menegaskan, inovasi yang tengah berjalan saat ini adalah inovasi Layanan Aspirasi Masyarakat Melalui SMS (LAPORMAS). “Jadi kami sampaikan kepada tim LAN, meskipun sederhana tapi kami lakukan inovasi terutama terkait tupoksi DPRD terkait pelayanan masyarakat dibagian penyerapan aspirasi. Makanya lahirlah aplikasi sistem yang kami kelola itu yang disebut LAPORMAS,” kata Amiruddin, Rabu, 11 Oktober 2017.

Laporan aspirasi masyarakat melalui SMS sambung dia dapat juga digunakan untuk informasi undangan. Semisal ingin mengundang para wakil rakyat untuk menghadiri acara atau pertemuan. Amiruddin menegaskan sistem layanan berbasis SMS ini dikembangkan sebab, banyak masyarakat yang menyampaikan aspirasi langsung kepada anggota DPRD secara pribadi. “Kalau melalui pribadi anggota dewan, mereka kadang lupa, sehingga layanan SMS ini dikelola oleh lembaga dimana nantinya masyarakat yang ingin mengaduh dapat melalui SMS pada nomor resmi kami,” katanya

SMS aduan tersebut akan langsung diteruskan kepada pimpinan DPRD untuk selanjutnya diputuskan proses penyelesaiannya. Sebelumnya kata Amiruddin pihak DPRD juga pernah memasang kotak aspirasi di setiap kelurahan, namun hal itu juga belum maksimal.

Senada dengan pernyataan sekwan, sub bagian fasilitasi penganggaran H. Rizhal juga mengatakan hal yang sama. Menurut dia, sekretariat dewan juga pernah menerima aspirasi melalui website, namun dirasakan belum maksimal, sehingga dibuat lagi sistem layanan aspirasi menggunakan SMS. Layanan LAPORMAS ini adalah bentuk Inovasi yang dilakukan pada tahun 2017 ini. “Yang lalu kita juga via website tapi belum maksimal, jadi kami buat lagi sistem seperti ini,” kata Ichal sapaan dia

Menurutnya layanan itu akan dikelola oleh tim yang dikoordinir oleh sekwan bersama kepala bagian dan bagian aspirasi. “Itu yang dikelola, kebenarannya, tempatnya, nantinya diteruskan ke pimpinan kemudian ditindaklanjuti apakah di bawa ke komisi untuk rapat atau hearing dengan mengundang pemberi aspirasi atau langsung di jawab dengan solusi,” katanya

Ichal menyebut masyarakat kadang langsung membawa aspirasi melalui surat yang langsung direspon seperti pengaduan masalah tanah, pelayanan publik, pungli, dan terkait atau terkait pendidikan. “Diharapkan ini dapat memudahkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka ke DPRD terkait apa keluhannya,” katanya.(wal)

Click to comment

Most Popular

To Top