Gratis, 2.347 Bidang Tanah Disertifikasi – Pare Pos – Online
Ajatappareng

Gratis, 2.347 Bidang Tanah Disertifikasi

Kepala BPN Kabupaten Sidrap, Awaluddin bersama Kepala Desa Kanie, Kecamatan Maritenggae, usai sosialisasi PTSL.

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP– Program Nasional Agraria (Prona) 2017 yang menjelma menjadi program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) sudah menyertifikat 2.347 bidang tanah. Proses terbitnya sertifikat, gratis. Tahun ini, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidrap, menarget sedikitnya 2.860 bidang tanah yang masuk daftar program itu. Kepala BPN Kabupaten Sidrap, Awaluddin membeberkan, terhitung sejak Januari hingga September 2017, pihaknya sudah menyelesaikan 2.347 bidang tanah. “Kalau progresnya lumayan, hanya dalam kurun waktu sembilan saja, sudah menyelesaikan sebanyak 2.347 bidang tanah,” ujar Awaluddin, Kamis kemarin.

Program PTSL 2017 di Sidrap itu, sebutnya, dilakukan dua tahap. Tahap pertama menyasar tanah warga di Lancirang, Kecamatan Watang Sidenreng sebanyak 1.366 bidang tanah. “Realisasinya sudah mencapai 1.006 bidang tanah,” katanya. Sedangkan tahap kedua, menyasar tanah warga di Desa Kanie, Kecamatan Maritenggae, dan Desa Bulucenrana, Kecamatan Pitu Riawa sekitar 750 bidang tanah, dan yang sudah terealisasi sekitar 600.
Hingga saat ini, tambahnya lagi, BPN Sidrap sisa mengejar 390 bidang tanah. “Tiga bulan waktu yang tersisa ini, insya Allah bisa kami rampungkan,” klaim Awaluddin.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sidrap, Sudirman Bungi, mengapresiasi kinerja positif BPN Sidrap dalam menjabarkan program PTSL di daerah itu. Keberhasilan tersebut, katanya, tidak terlepas dari peran serta masyarakat, pemerintah daerah serta pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan masing-masing. (*)

Click to comment

Most Popular

To Top