Inovasi Pemuda Maros Rancang Kamera Deteksi Kepiting Lunak – ParePos –
Tomalebbi'ta

Inovasi Pemuda Maros Rancang Kamera Deteksi Kepiting Lunak

PEREPOS.CO.ID, MAKASSAR– Mahasiswa Pascasarjana Fakultas Teknik Elektro Universitas Hasanuddin (Unhas), Ismail Gaffar mulai fokus mengembangkan pengelohan citra digital budiaya kepiting lunak. Pemuda asal Maros yang masih tergolong muda diusinya yang ke-24 ini sudah memulai untuk mengembangkan budidaya kepiting berbasis teknologi. “Pengembangan itu didasari karena tingginya tingkat kerugian yang kerap terjadi pada pembudidaya kepiting yang dimana telah membuang banyak waktu untuk memonitori kepiting lunak yang dibudayakan,” ujar Ismail yang akrab disapa Mail saat ditemui disalah satu warung kopi di Makassar. Sabtu 21 Oktober 2017.

Nantinya, lanjut mail, dirinya akan meneliti sistem deteksi pada kamera yang akan berfungsi untuk memonitor kepiting lunak yang dibudidayakan. “Nanti pada sistem deteksi kepiting lunak ini kita akan mengembangkan kamera yang dapat mendeteksi kepiting yang telah siap panen dalam jumlah besar,” jelas Alumnus Jurusan Sistem Informasi Stimik Dipanegara tahun 2015 ini.

Mail melanjutkan, studi literatur yang dilaksanakan oleh dua dosen pembimbing diantaranya Zahir Zainuddin dan Muhammad Niswar serta satu ahli dari Fakultas Perikanan Prof Yushinta Fujaya ini akan kembali memfokuskan pada tahap perancangan. “Saya saat ini sudah masuk dalam tahap perancangan dimana diawasi oleh dua dosen dan satu ahli pada bidang perikanan, nantinya akan melakukan uji coba di tambak Pendidikan Unhas Kabupaten Barru,” bebernya. (tip)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!