Komisi III DPR RI Tetapkan Tujuh Anggota Komnas HAM – Pare Pos – Online
Nasional

Komisi III DPR RI Tetapkan Tujuh Anggota Komnas HAM

ilustrasi.

PAREPOS.CO.ID, JAKARTA– Komisi III DPR RI, Selasa 3 Oktober, telah memilih tujuh calon Anggota Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dari 14 calon. Tujuh calon anggota tersebut dipilih setelah melalui serangkain fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) yang digelar selama beberapa hari oleh Komisi III DPR RI. Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa mengatakan, kendati tujuh nama calon anggota Komnas HAM telah terpilih, namun mendapat beberapa catatan dari beberapa partai politik, salah satunya dari F-PKS.

Awalnya, tambah politisi F-Gerindra itu, F-PKS mengusulkan calon komisioner anggota Komnas HAM hanya lima orang. Namun, semua fraksi yang menghadiri rapat menilai jumlah calon komisioner Komnas HAM yang dipilih sebanyak tujuh orang. Opsi tersebut pun disepakati secara musyawarah. Senada diungkapkan, Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil membenarkan, F-PKS memberikan catatan terhadap dua orang calon anggota Komisioner yang terpilih. Fraksinya mempertimbangkan mengenai integritas dan kompetensi calon. Menurut Nasir berdasar penilaian fraksinya, ada anggota petahana, yang mencalonkan kembali, yang kinerjanya tidak bagus ketika memimpin.

Meskipun begitu, Nasir tetap berharap Komisioner Komnas HAM bisa diisi orang-orang yang punya kompetensi di bidangnya. Ia juga berharap lembaga ini bisa diisi orang-orang baru, yang memahami advokasi hak asasi manusia serta punya rekam jejak yang bagus. “Saya berharap catatan ini nantinya dibacakan dalam rapat paripurna mendatang,” imbuh politisi asal dapil Aceh itu.

Tujuh calon anggota Komisioner Komnas HAM periode 2017-2022 yang telah disepakati yakni Mohammad Choirul Anam (Advokat), Beka Ulung Hapsara (Pegiat LSM), Ahmad Taufan Damanik (Mantan Komisioner ACWC), Munafrizal Manan (Akademisi), Sandrayati Moniaga (Petahana Komnas HAM), Hairansyah (Akademisi), dan Amiruddin Al Rahab (Pegiat LSM). Sebelumnya, komisioner terpilih itu harus melewati ujian administrasi dan publik. Dari kedua ujian tersebut, kemudian disaring menjadi 14 nama. Ke-14 nama itu yang melewati fit and proper test di Komisi III DPR RI. Setelah semua melewati ujian tersebut, Komisi III DPR RI memutuskan tujuh orang terpilih menjadi Komisioner Komnas HAM.(*)

Click to comment

Most Popular

To Top