KPPN: Serapan DAK Parepare Baru 60% – Pare Pos – Online
Metro Pare

KPPN: Serapan DAK Parepare Baru 60%

Pelayanan yang dilakukan di kantor KPPN Parepare

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Pemerintah pusat menggelontorkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 97,2 miliar untuk kota Parepare. Dana itu tersebar pada 9 bidang pembangunan fisik yang dianggarkan melalui APBN untuk tahun 2017 ini.

Hal itu dikatakan kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Parepare Nursaid saat ditemui dikantornya kamis 12 Oktober 2017. Kepada pewarta media ini, Nursaid menuturkan sebanyak Rp 1,6 triliun dana APBN yang gelontorkan pemerintah pusat meliputi 5 wilayah kabupaten kota di Ajatappareng. Termasuk dana Rp 97,2 miliar untuk Parepare mencakup 9 bidang pembangunan diantaranya,
kesehatan, pertanian, pendidikan, perumahan, kelautan, perikanan, pariwisata, irigasi, dan jalan.

Dana tersebut kata Nursaid paling banyak dialokasikan pada sektor kesehatan baik reguler maupun untuk pembangunan rumah sakit rujukan. Namun dari keseluruhan dana itu baru terserap sekira 60% saja. Padahal sesuai rencana, seharusnya pada Oktober ini sudah terserap hingga 70%. “Rata-rata daerah pengelola angka serapan masih pada kisaran 60%,” bebernya.

Nursaid mewanti-wanti pihak satuan kerja khususnya lembaga vertikal agar proses penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dilakukan tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan. Ia menghimbau agar secepatnya dilakukan sebelum masa akhir periode anggaran “Jangan nanti saat-saat injury time baru dilakukan, repotnya ke kami juga,” paparnya.

Kata Nursaid biasanya para Satker baru akan mengurus penertiban SP2D pada bulan November atau Desember. Hal itu lazim disebabkan karena proses lelang yang terlambat. Namun begitu dia berharap serapan anggaran khususnya APBN tahun ini dapat lebih maksimal agar memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

Dana-dana tersebut khususnya dikota Parepare dikebut penggunanaannya dibeberapa titik pembangunan, seperti pembangunan pasar Sumpang Minangae, dan pembangunan gedung kantor Pajak, serta pembangunan lainnya yang harus selesai pada akhir masa anggaran tahun ini.(wal)

Click to comment

Most Popular

To Top