Mantan Bupati Barru Jalani Vonis Hukuman – Pare Pos – Online
Hukum dan Kriminal

Mantan Bupati Barru Jalani Vonis Hukuman

Jalani eksekusi, mantan bupati barru jalani masa hukuman

PAREPOS.CO.ID,BARRU– Mantan Bupati Barru, Idris Syukur, dieksekusi Kejaksaan Negeri Barru bersama Tim Kejati Sulselbar setelah menerima salinan putusan kasasi MA. Idris dimasukkan ke Lapas Klas 1 Makassar, Kamis 12 Oktober, malam. Menurut Kajari Barru, Paian Tumanggor, Idris kooperatif saat akan dilakukan eksekusi. Ia langsung dijemput dikediamannya di Makassar, lalu dimasukkan ke lapas. Idris Syukur terjerat kasus gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang izin tambang di Kabupaten Barru.

Mahkamah Agung kemudian mengabulkan permohonan jaksa Penuntut Umum (JPU). Idris divonis 4 tahun 6 bulan penjara berdasarkan pasal 12e UU Tipikor tentang pemerasan dan Pasal 3 UU NO 8 tahun 2010 tentang TPPU. Senada diungkapkan, Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Sulselbar, Tugas Utoto SH, jika Idris Syukur dieksekusi lantaran dinyatakan bersalah dalam putusan Incracht atas kasus gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) pada proses pemeberian izin tambang batu gamping dan tanah liat di kabupaten Barru. “Sudah dieksekusi tadi malam oleh tim dari Kejari Barru dengan dibantu oleh Kasi Penyidikan dan Kasi Eksekusi Kejati Sulselbar,”singkatnya.

Diketahui, pada tingkat pertama Idris divonis 4,5 tahun serta denda sebesar Rp250 juta subsider 8 bulan penjara. Tak terima keputusan tersebut Idris kemudian banding dan menang pada pengadilan tingkat dua. Selanjutnya jaksa melakukan kasasi yang kemudian putusan MA mengabulkan kasasi jaksa dan menguatkan putusan Idris pada tingkat pertama.(*)

Click to comment

Most Popular

To Top