Pasir Putih Tonrangen Destinasi Favorit Warga Diwaktu Senggang – Pare Pos – Online
Style dan Keren

Pasir Putih Tonrangen Destinasi Favorit Warga Diwaktu Senggang

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Sudah lazim saat berlibur bersama keluarga ataupun teman, mencari tempat wisata untuk dikunjungi. Salah satu destinasi berwisata favorit pilihan warga Parepare adalah pantai pasir putih Tonrangen. Lokasi yang berjarak sekira 4 km dari pusat kota Parepare itu ramai dikunjungi warga saat hari libur tiba. Acara reuni, arisan, ataupun sekedar berkumpul bersama keluarga kecil atau orang tercinta kerap memanfaatkan tempat ini untuk melepas kepenatan mereka.

Ketua RW I Tonrangen, Sappe menuturkan di wilayahnya itu terdapat 2 taman wisata dengan dua pengelola. Satu dikelola secara profesional oleh pemilik usaha yang cukup terkenal di Parepare dan satu lagi dikelola pribadi oleh warga setempat. Menurut Sappe, setiap warga yang masuk pada taman wisata yang dikelola khusus dikenakan tarif Rp 5.000 hingga 10.000 sementara pada kawasan umum tidak dipungut bayaran alias gratis, tetapi membayar dudukan yang ada disana sebesar Rp 25.000.

Didalam kawasan pengunjung dapat menikmati musik karaoke yang disewa sambil menikmati indahnya pantai. Terlihat beberapa pengunjung membuat perapian pembakaran ikan. Mereka berlibur sambil menikmati makanan bawaannya, meskipun di tempat itu juga terdapat penjual aneka makanan dan minuman.

Sappe mengatakan, pasir putih Tonrangen ramai dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu. Lokasi taman wisata itu menjadi daya tarik tersendiri menjadikan Tonrangen semakin dikenal. “Sejak dua bulan ini salah satu kawasan dikelola khusus menjadi taman wisata dan menjadikan daerah kami semakin dikenal,” katanya saat ditemui ditempat itu, Minggu, 01 Oktober 2017.

Salah satu pengunjung, Darwis mengatakan datang bersama anak-anaknya. Mereka memilih berlibur ditempat itu karena suasana pantai yang nyaman dan aman untuk berenang anak-anak dengan air laut yang dangkal. “Sejak dibangun, saya baru dua kali kesini, suasananya nyaman,” ujarnya

Lain lagi dengan Reza, ia datang bersama keluarga besarnya, ayah, ibu, adik dan sepupunya sejak pagi sudah berada disana. Mereka memanfaatkan waktu senggang mengabiskan liburan mereka di pasir putih Tonrangen. Dia menuturkan akan berada ditempat itu hingga pukul 05.00 sore dan sengaja menyewa musik karaoke untuk bernyanyi sambil berlibur.

Hal ini membawa dampak positif bagi para pedagang. Beberapa diantara mereka memanfaatkan momen itu menjual makanan seperti nasi, buras, dan jagung. Terdapat pula penjual minuman seperti es buah dan kopi serta perlengkapan berenang seperti pelampung.(wal)

Click to comment

Most Popular

To Top