Warga Soroti ASN dan Aparat Desa Sebagai PPK – Pare Pos
Politik

Warga Soroti ASN dan Aparat Desa Sebagai PPK

Komisioner KPU dan Panwaslu di Kabupaten Pangkep

PAREPOS.CO.ID,PANGKEP– Keterlibatan Aparat Sipil Negara (ASN) dan Aparat Desa menjadi penyelenggara pemilu menjadi sorotan warga di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep). Salah seorang warga, Ifal Palaguna menuturkan, keterlibatan ASN dan juga aparat desa sangat disayangkan. Bahkan, seharusnya jangan dilibatkan.

Pasalnya, ada jenjang waktu, bertugas sebagai penyelenggara pemilu seperti tugas anggota Panitia Pemilihan. Kecamatan (PPK). Lolosnya aparat desa misalnya menjadi pertanyaan? mampukah mereka melakukan sebuah pekerjaan diwaktu yang bersamaan. Lebih rinci, Ifal mencontohkan, sekarang ini untuk aparat desa lagi melakukan penyusunan anggaran desa. Baik itu perubahan maupun perencanaan anggaran pokok di masing-masing desa. Sementara mereka, nantinya akan disibukkan dengan kegiatan berupa pendataan dan lain-lain selama dirinya menjabat PPK. ” Mungkin dengan kondisi itu, seharusnya bisa menjadi pertimbangan dalam keterlibatan sebagai penyelenggara pemilu saat ini,”tegasnya.

Terkait hal itu, Komisioner KPU Kabupaten Pangkep, Aminah mengungkapkan, sebanyak 65 PPK dari 13 Kecamatan, Senin 30 September, besok resmi akan dilantik. Dari 65 PPK yang dinyatakan lolos sekitar 10 persen diantaranya berstatus sebagai ASN. Bukan hanya itu, beberapa diantaranya bahkan merupakan aparat desa. ” PPK yang akan dilantik ada beberapa diantaranya berstatus ASN dan aparat desa. Mungkin mereka akan dipersiapkan di lingkungan sekretariat,”ujarnya, Minggu 29 Oktober, melalui telepon selulernya.

Aminah mengakui, sebelum mendaftar menjadi calon anggota PPK, panitia telah mengajukan sejumlah persyaratan untuk menjadi penyelenggara pemilu dan itu telah dipenuhi.” Mereka yg berstatus ASN tentunya telah menyertakan izin tertulis dari pimpinannya. Bahkan mereka yang berstatus honorer juga melakukan hal serupa sebagai persyaratan,”jelasnya. Untuk mereka yang berstatus aparat desa, KPU juga telah melakukan pengamatan dan tergantung dengan kesibukannya. ” Kalau aparat desa yang lolos kayaknya tidak lebih dari sepuluh orang,”ungkapnya. Ditambahkannya, mereka yang lolos menjadi anggota PPK saat ini berasal dari berbagai kalangan.(*)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!