Aksi Teror KKB, Ini Penegasan Menkopolhukam – ParePos –
Nasional

Aksi Teror KKB, Ini Penegasan Menkopolhukam

Menkopolhukam, Wiranto

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Kelompok kriminal bersenjata (KKB) telah melakukan penyanderaan terhadap masyarakat di dua desa yakni Desa Kimbely dan Desa Banti di Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto, menerangkan pemerintah sudah melakukan pemetaan atas konflik tersebut yang merupakan kawasan pendulangan emas. “Mungkin ada sekitar 8.000 orang mendulang emas dari seluruh Indonesia,” kata Wiranto usai menghadiri peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata, Jumat 10 November, padi tadi.

Ia mengakui, jika sejauh ini Polri dan TNI sudah melakukan upaya persuasif atas tindakan tersebut. Jika upaya tersebut tidak bisa juga, maka pemerintah tidak akan segan melakukan upaya hukum untuk mengusir kelompok tersebut dari daerah Timika. Daerah yang digunakan untuk penyanderaan sangat jauh dan sulit diakses, sehingga Polri dan TNI membutuhkan waktu untuk bisa menembus hingga ke daerah tersebut. Namun hal itu tidak membuat aparat menghentikan usahanya untuk segera merapat ke daerah tersebut.

Wiranto menjelaskan, jika pihak yang dilawan oleh pemerintah kali ini bukan merupakan organisasi politik atau organisasi masyarakat yang tercantum secara sah. Namun kelompok ini merupakan kelompok kriminal bersenjata yang sedang melakukan aksi teror. Ditambahkannya, apa yang akan dilakukan Polisi dan TNI bukanlah melawan masyarakat Papua, melainkan melawan kelompok bersenjata, yang tidak disukai masyarakat lokal dan pemerintah daerahnya. Disinyalir kelompok tersebut sudah lama berada di sekitar Papua.(*)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!