Berguru ke PAM Kota Palopo, Ini Target PDAM Pangkep – ParePos –
Pro Daerah

Berguru ke PAM Kota Palopo, Ini Target PDAM Pangkep

Plt Dirut PDAM Pangkep H Effendi Kasmin saat berkunjung ke PAM Kota Palopo

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Plt Dirut Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Drs Effendy Kasmin, terus menggenjot sistem manajemen dan pengelolaan pelayanan dilingkup PDAM Pangkep. Hal itu dilakukannya sesuai petunjuk tugas Bupati Pangkep, H Syamsuddin A Hamid. Plt Dirut PDAM Pangkep, Effendy Kasmin, memboyong kepala bagian dan seksi dan juga dewan pengawasnya ke Kota Palopo dalam rangka studi penambahan wawasan dikantor Perusahaan Air Minum (PAM) Kota Palopo, selama dua hari, sejak Kamis 9 November 2017, lalu.

Effendy Kasmin mengatakan, saat ini PDAM perlu dilakukan sistem pembenahan manajemen keuangan, dan pengelolaan pelayanan pelanggan. Mengingat, kurang lebih 13.000 pelanggan, yang aktif dan optimal hanya sekitar 8.000 pelanggan. “Dari data itu, sudah terlihat, adanya sistem yang tidak maksimal dan perlu kita benahi. Bayangkan dari 13.000 pelanggan, hanya, 8.000 pelanggan yang aktif, itu pun masih terbilang kurang taat,”ujarnya, saat ditemui setelah tiba dari Kota Palopo, Minggu 12 November.

Menurutnya, PAM Kota Palopo, dijadikan tempat studi penambahan wawasan, dikarenakan, sesuai hasil audit BPKP, PAM Kota Palopo dinyatakan salah satu PAM yang dianggap sehat dalam segi menajemen keuangan, dan pengelolaan pelayanan pelanggan. “Disana, PAM Kota Palopo, bayangkan pelanggannya mencapai 32.000, dengan sumbangsi PAD Rp. 300juta tiap tahunnya. Dan juga sistem penyaluran airnya memakai sistem gratifikasi. Sumber debit airnya pun diambil dari dataran tinggi yang secara otomatis mengalir ke daratan rendah, yang tidak memakan banyak biaya listrik dari segi pompanisasi,”jelasnya.

Banyak kiat yang dapat diterapkan nantinya, selepas melakukan studi penambahan wawasan di PAM Kota Palopo, itu. “Kita harap, selepas dari studi kemarin, saya pribadi, bersama kepala bagian dan seksi dapat menerapkan kiat kiat itu. Mulai, dari kiat maksimal manajemen hingga pengelolaan pelayanan pelanggan. Semoga juga, dalam waktu dekat ini, sistem pompanisasi pada sumber debit air di wilayah takari dapat kembali normal, dan suplai air dapat maksimal dalam pelayanan pelanggan,”harapnya. (awi)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!