Bupati Pangkep Raih Anugerah Pandu Negeri 2017 – ParePos –
Pro Daerah

Bupati Pangkep Raih Anugerah Pandu Negeri 2017

Asisten II Sekretaris Daerah H Sofyan Sammana mewakili bupati dalam penerimaan penghargaan anugrah Pandu Negeri yang diserahkan Ketua Dewan IIPG, Budiono

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Bupati Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), H Syamsuddin A Hamid yang diwakili Asisten II Pemkab Pangkep H Sofyan Sammana menerima penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017 dari Indonesian Institute for Public Governance (IIPG), Jumat 10 November, malam di Graha CIMB, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta.

Penghargaan untuk pertama kalinya diberikan oleh IIPG, diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Penasihat IIPG yang juga merupakan mantan Wakil Presiden Ri, Boediono didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Ketua Umum IIPG Sigit Pramono.

Dua aspek yang menjadi penilaian IIPG dalam memberikan penghargaan yakni performance dari sisi pertumbuhan ekonomi, pengembangan manusia, dan breaktrough result. Selanjutnya dari aspek governance dengan melihat tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, dan antikorupsi. IIPG telah melakukan penilaian kinerja dan tata kelola pemerintahan di 34 provinsi, 416 kabupaten dan 98 kota di Indonesia, hasilnya sebanyak 53 kepala pemerintahan mendapat penghargaan dengan kinerja dan tata kelola yang baik termasuk Bupati Pangkep. Hal itu diungkapkan, Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Pangkep, Drs Muh Thamrin MPd yang mendampingi penerimaan penghargaan tersebut, Sabtu 11 November, melalui WhatApp pribadinya.

Thamrin mengakui, IIPG hadir untuk melengkapi sekaligus membantu upaya peningkatan tata kelola yang selama 17 tahun dilakukan oleh Indonesian Institute Foro Corporate Directorship (IICD), dimana merupakan bagian dari Yayasan Pengembangan Tata Kelola Indonesia. “Penghargaan diberikan bagi pemerintah serta pemimpin yang inovatif dan telah berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosial ekonomi melalui reformasi tata kelola yang amanah,” jelasnya.

Dalam sambutan, Ketua Dewan Penasehat IIPG, Budiono mengakui, jika
sektor publik adalah kunci kemajuan bangsa, mengharapkan dengan cara berintegritas dan kreatif menghasilkan pengelolaan yang positif. “Mereka para penerima penghargaan APN harus mampu berdiri tegak menjadi pandu ibu pertiwi, teladan bagi daerahnya,”ujar Thamrin mengutip pesan dari Budiono.
Mendagri Tjahjo Kumolo dalam kesempatan tersebut juga menyambut baik pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah di tingkat provinsi, kabupaten, hingga pemerintah kota. Dia berharap pemberian penghargaan ini dapat mendorong pemda dan kepala daerah lebih semangat meningkatkan kinerja dan tata kelola pemerintahan. (*)

 

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!