Kembangkan Bawang Merah, Pemkab Barru Siapkan Lahan 50 Ha – ParePos –
Ajatappareng

Kembangkan Bawang Merah, Pemkab Barru Siapkan Lahan 50 Ha

Tanam bawang merah,

PAREPOS.CO.ID, BARRU– Pengembangan tanaman bawang merah akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Barru Lahan seluas 50 hektare (Ha) akan disiapkan di Desa Nepo Kecamatan Mallusetasi. Tanaman bawang merah dinilai cocok di daerah tersebut. Kepala Desa Nepo, Mamma Husain, Kamis kemarin mengaku, pengembangan tanaman bawang merah di Nepo cukup baik. Menurut penyuluh pertanian Barru, Yoyo Bhakti Sugiyo, sejumlah kelompok tani telah melakukan uji coba penanaman bawang merah seluas 3,5 Ha usai memanen tanaman jagung.

Uji coba tanaman bawang merah tersebut, menurut Yoyo, hasilnya sangat menggembirakan dan hingga akhir Oktober 2017 para petani telah tiga kali memanen tanaman bawang merah. “Kandungan tanah di Dusun Watanepo, Desa Nepo sangat cocok ditanami bawang merah, dan hanya butuh dua bulan untuk dipanen,” ungkapnya.
Plt Bupati Barru, Suardi Saleh, mempertimbangkan akan menfasilitasi uji coba pemanfaatan pada lahan seluas 50 Ha di Desa Nepo untuk pengembangan budidaya tanaman bawang merah.  “Ini gagasan yang sangat bagus, kita akan pusatkan percontohan di Desa Nepo untuk pengembangan bawang merah. Jika berhasil,daerah-daerah lain bisa melakukan pengembangan serupa, Insya Allah tahun depan akan kita garap ini,” ungkapnya.

Suardi Saleh menambahkan, jika rencana ini berhasil, maka kebutuhan bawang merah dalam daerah bisa dipenuhi, dan akan terus dikembangkan dan ditingkatkan, baik kualitas maupun kapasitas lahan dan produksinya. Desa Nepo sendiri memiliki potensi lahan seluas 500 Ha untuk pengembangan tanaman bawang merah. Suardi Saleh berpesan kepada warga petani Desa Nepo agar senantisa menjaga persatuan dan kesatuan, hendaknya apa yang telah disepakati dalam musyawarah Mappalili dapat ditaati. Juga meminta agar petani saling bersinergi satu sama lain agar hasil yang didapat juga dirasakan seluruh keluarga petani di Desa Nepo. “Bersatulah petani Nepo, kita berkumpul bersama, berpikir bersama, bekerja bersama untuk mencapai keberhasilan yang dinikmati bersama sama pula,” harapnya. (mad/lim)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!