Langkah Pencegahan, Tim Saber Pungli Gelar Sosialisasi – ParePos –
Sulawesi Barat

Langkah Pencegahan, Tim Saber Pungli Gelar Sosialisasi

PAREPOS.CO.ID,POLMAN– Pemerintah Kabupaten Polman bersama dengan Tim Saber Pungli melakukan sosialisasi pencegahan pungli yang di dihadiri oleh seluruh kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Polman. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di ruang pola kantor Bupati Polman, Selasa 14 November, pagi tadi.

Ketua Tim Saber Pungli, Kompol Aska Mappe mengatakan, pertemuan ini adalah program yang dilaksanakan merupakan langkah awal dari sebuah langkah pencegahan bagi tiap instansi. Walaupun sejauh ini, belum ada satupun temuan dari intansi Pemkab Polman. Hanya saja, ada dua kasus yang telah ditangani dan telah ditindak sesuai pelanggarannya Itu pun dari aparat kepolisian. “Iya kita sayangkan ada anggota kepolisian yang melakukan pungli, itu juga telah ditindak. Dua anggota dari satlantas telah diberikan sanksi dan tidak ditugaskan lagi di lalulintas,  serta pemberian sanksi disiplin dan larangan mengikuti pendidikan selama satu tahun,”ungkapnya.

Wakapolres Polman itu pun berharap kepada semua masyarakat jika menemukan pungutan yang tidak sesuai aturan maka wajib hukumnya untuk melaporkan ke polisi tanpa takut akan ancaman. “Jika masyarakat menemukan pungli maka sudah seharusnya untuk melaporkan tanpa takut akan ancaman karena kita punya UU perlindungan saksi,”tegasnya.

Terpisah, Kepala Seksi Intel kejaksaan Negeri Polman, M Subhan mengaku siap menindak jika ada ditemukan pungli, hanya saja prosesnya harus melalui penyidik. Namun, pada dasarnya kejaksaan siap melakukan penuntutan. Tapi, kembali lagi yang berwenang melakukan penyidikan ialah pihak kepolisian dan masasalah hukuman tergantung tingkat pelanggarannya.(win)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!