Ops Zebra 2017, Tingkat Pelanggaran Meningkat di Mamuju Utara – ParePos –
Hukum dan Kriminal

Ops Zebra 2017, Tingkat Pelanggaran Meningkat di Mamuju Utara

Kasat Lantas Polres Mamuju Utara, AKP Yulie Khrisna

PAREPOS.CO.ID, PASANGKAYU–Satuan Lalu Lintas Polres Mamuju Utara (Matra) berhasil merazia sedikitnya 302 kendaraan selama Operasi Zebra Siamasei 2017. Operasi yang digelar dari tanggal 1-14 November bertujuan untuk meningkatkan penegakan hukum di jalan raya. Dari giat yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pelanggaran yang diberikan sanksi tilang. Satlantas Polres Matra setidaknya menindak sekitar 302 pelanggar aturan, sedangkan pada tahun 2016 hanya 207 pelanggar. “Tahun ini ada kenaikan jumlah pelanggar, dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkap Kasat Lantas Polres Mamuju Utara, AKP Yulie Khrisna ST SIk, Senin 14 November, sore tadi.

Mayoritas pelanggar lalu lintas di jalan adalah kendaraan sepeda motor sebanyak 256 kendaraan dan roda empat sebanyak 23 unit kendaraan.
“Sasaran dalam operasi zebra juga sangat tepat, karena mayoritas pelanggar yang ditilang adalah pelanggar yang tidak menggunakan helm. Rinciannya yaitu sebanyak 74 pelanggar tak menggunakan helm, disusul kelangkapan surat kendaraan sebanyak 58 pelanggar dan kelengkapan fisik kendaraan sebanyak 54 pelanggaran,” ungkap Yulie.

Selama operasi Zebra Siamasei 2017, barang bukti kendaraan bermotor yang disita sebanyak 81 unit kendaraan dan selebihnya berupa STNK dan SIM.
Apabila dilihat dari profesi pelaku pelanggaran masih didominasi oleh pegawai swasta sebanyak 154 pelanggar disusul pelajar sebanyak 105 pelanggar, ASN sebanyak 21 pelanggar dan supir angkutan sebanyak 11 pelanggar. ” Kami dari kepolisian akan terus melakukan sosialisasi terkait aturan sebagai pengguna jalan,”tegasnya.(bur)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!